Enaknya Kripik Jamur Tiram

Waktu masih tinggal di Cimahi, saya memiliki seorang sahabat/tetangga bule. Namanya Opa Arnie. Ia baik sekali. Untuk mengisi waktu luangnya, pria yang kala itu berusia 80’an ini membudidayakan jamur tiram. Inilah kali pertama saya mengenal si makanan kaya protein dan bergizi tinggi.

Di masa dekade 90’an itu saya sering kali dikirimi jamur tiram oleh Opa Arnie. Kebetulan waktu itu usaha dan pelatihan agro bisnis lagi booming. Dan si jamur tiram ini cukup menjadi objek perhatian khusus. Selain cara pembudidayaannya mudah, harga jualnya pun tinggi (waktu itu, entah kini).

Kiriman jamur tiram tersebut biasanya saya olah dengan cara yang praktis saja, dioseng. Jika ibu/ibu mertua/sodara bertandang ke rumah, sering kali saya oleh-olehin si jamur tiram ini. Maklumlah, karena opa sering kali mengirim diluar batas kemampuan saya untuk mengkonsumsinya. Memang sedari awal, Opa membudidayakan untuk dikonsumsi sendiri dan dibagi-bagi. Bukan untuk dijual.

Tahun 2000, beberapa bulan setelah anak kedua saya lahir, kami pindah ke Bandung. Pada waktu itu (tepatnya dimulai pertengahan 90’an) warga Bandung memiliki tempat wisata olah raga, wisata alam sekaligus wisata kuliner yang bernama Puncrut. Keluarga saya adalah salah satunya pengunjung setia Puncrut.

Biasanya kami ke sana, sebulan sekali atau dua minggu sekali. Ngak tentu sih. Yang jelas, sering. Soalnya suasananya sangat ngangenin. Udaranya masih sejuk, family time, kebersamaan. Semakin ke sini, Puncrut semakin ramai oleh pada pedagang. Wah, tambah ramai lagi deh.

Keramaian para pedagang itu, dimulai dari depan RS Salamun sampai ke puncak Puncrut yang merupakan dataran tinggi nan sejuk. Salah satu jajanan yang menarik perhatian kami (saya, si sulung dan ibu mertua) adalah kripik jamur tiram. Nah, ini dia! kenapa dulu waktu dikasih Opa Arni tak terpikirkan untuk dibuat seperti ini, kripik jamur tiram.

Kandungan gizi jamur tiram.

Sekilat tentang jamur tiram, saya kopaskan dari Om Wiki, berikut ini:

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1,vitamin B2, dan vitamin C.[9]

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori.[10] Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein.[10] Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4%.[10]

Komposisi dan kandungan nutrisi setiap 100 gram jamur tiram adalah 367 kalori, 10,5-30,4 persen protein, 56,6 persen karbohidrat, 1,7-2,2 persen lemak, 0.20 mg thiamin, 4.7-4.9 mg riboflavin, 77,2 mg niacin, dan 314.0 mg kalsium.[10][11] Kalori yang dikandung jamur ini adalah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak tak jenuh.[10] Serat jamur sangat baik untuk pencernaan.[10] Kandungan seratnya mencapai 7,4- 24,6 persen sehingga cocok untuk para pelaku diet.[12][10]

Kandungan gizi jamur tiram menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian.[10] Protein rata-rata 3.5 – 4 % dari berat basah.[10] Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Jika dihitung berat kering.[10] Kandungan proteinnya 10,5-30,4%.[10] Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum 13.2%, kedelai 39.1%, dan susu sapi 25.2%.[10] Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin.[10] 72%

Lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya.[10] 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak.[10]

Jamur tiram juga mengandung vitamin penting, terutama vitamin B, C dan D. vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi.[10] Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium, dan Magnesium.[10] Mineral utama tertinggi adalah : Zn, Fe, Mn, Mo, Co, Pb.[10] Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Me mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%.[10] Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jarum tiram kandungannya rendah, sehingga jamur ini aman dikonsumsi setiap hari.[10]

Jamur tiram juga memiliki berbagai manfaat yaitu sebagai makanan, menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi.[8] Selain itu, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematoda[3]

Jamur tiram ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya, dapat mengurangi kolesterol dan jantung lemah serta beberapa penyakit lainnya. Jamur ini juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia.[13][10] Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker serta menurunkan kadar kolesterol.[13][10]

Di samping itu, jamur tiram juga dipercaya mampu membantu penurunan berat badan karena berserat tinggi dan membantu pencernaan.[10] Jamur tiram ini mengandung senyawa pleuran yang berkhasiat sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, serta bertindak sebagai antioksidan.[10] Adanya polisakarida, khususnya Beta-D-glucans pada jamur tiram mempunyai efek positif sebagai antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), melawan kolesterol, antijamur, antibakteri, dan dapat meningkatkan sistem imun.[10][13] Pada jamur tiram, produk ini disebut sebagai plovastin yang di pasaran dikenal sebagai suplemen penurun kolesterol (komponen aktifnya statin yang baik untuk menghambat metabolisme kolesterol di dalam tubuh manusia).[11][13]

Dilihat dari kandungan gizi yang terdapat dalam jamur tiram maka bahan ini termasuk aman untuk dikonsumsi.[10] Adanya serat yaitu lignoselulosa baik untuk pencernaan.[10] USDA (United States Drugs and Administration) yang melakukan penelitian pada tikus menunjukkan bahwa dengan pemberian menu jamur tiram selama 3 minggu akan menurunkan kadar kolesterol dalam serum hingga 40 % dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi pakan yang mengandung jamur tiram.[14] Sehingga mereka berpendapat bahwa jamur tiram dapat menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterol.[14][15] Di Jepang saat ini sedang diteliti potensi jamur tiram sebagai bahan makanan yang dapat mencegah timbulnya tumor.[10]

Kembali ke kripik jamur tiram

Setelah kenal kripik jamur tiram di Puncrut inilah, saya dan ibu mertua sering kali membuatnya sendiri. Sayang, semua itu kini menjadi kenangan. Karena di Inggris saya hanya sekali bertemu dengan si jamur tiram ini. Waktu itu, ketika masih tinggal di Malvern, hanya sekali saya menemukan jamur tiram di Morrison supermarket. Setelah itu, tidak ada lagi. Itupun harganya muahal banget. Dengan seuprit-upritnya itu, saya bikinlah kripik jamur tiram.  Hmm… kripik jamur dan nasi panas nan pulen, nampol benerrrr…

Itulah sekali-kalinya saya makan kripik jamur di Inggris :( Dan sekarang rasanya saya kangen banget sama si kripik jamur tiram itu.

Eh.. ditengah kekangenan itu, kini ada kabar gembira, teman saya, kang Iwan, memproduki kripik jamur tiram Alfian. Pesan ah… Sepertinya kekangenan akan kripik jamur ini akan segera terobati.

Buat kamu yang mau menikmati kriuknya kripik jamur tiram yang mengandung protein tinggi ini bisa pesan ke Kripik Jamur Alfian di:
Sms/WA: 082240039855
Pin BB: 5456D69C

Kripik Jamur Alfian memiliki 15 Varian rasa, yaitu:
1. Original.
2. Original pedas.
3. Balado.
4. Balado pedas.
5. Balado pedas manis.
6. Keju.
7. Keju pedas.
8. Barbeqiu.
9. Barbeqiu pedas.
10. Jagung bakar.
11. Jagung bakar pedas.
12. Ayam bakar.
13. Ayam bakar pedas.
14.Pizza.
15. Pizza pedas.

Berat netto: 100g

Harga:
ECER: 9000/pcs, min order 10pcs.
RESELLER: 7500/pcs, min order 38pcs.
AGEN: 6000/pcs, min order 108pcs + Bonus 2pcs.

Buat kamu yang mau jadi reseller/agen, mayan juga tuh untungnya. Bawa aja ke kantor, ke tempat arisan, ke pengajian, kumpul-kumpul keluarga/kongkong-kongkow teman, kumpulan mamah-mamah pengantar sekolah dll. 😉

Kripik Jamur Alfian juga menerima pengiriman ke seluruh pelosok Indonesia juga luar negeri. Kebetulan Kripik Jamur Alfian sudah melanglang buana melalui Agen BMI Hongkong, Thailand, Malaysia, Jepang. Ayo, siapa yang mau nyusul jadi Agen  Kripik Jamur Alfian di luar negeri?

Buat kamu yang tinggal di Krawang – Bekasi (bukan judul puisi), Banjarmasin, Pakanbaru dan Kota Malang, bisa pesan Kripik Jamur Tiram di Distributor berikut ini.

Rita. Tanjung Pura, Karawang Barat. Hp. 081210330579. BB 7A534301.

Ninna Musthofa. Cikarang, Bekasi. Hp.085713666600. BB 5179098E.

Masripani. Banjarmasin. Hp. 082155124108. BB 51DD5FFB.

Septika Sari. Tembilahan, Pakanbaru. Hp 085271628563.

Rendra F. Kedung Kandang, Malang. Hp. 08983123977. BB 537E8EE4.

Khusus orang Gegerkalong Bandung dan orang Kalideres Jakbar n anak Esa Tunggal. Kamu bisa langsung merapat ke supermarket berikut ini:

Liana Swalayan, Jl. Gegerkalong Hilir, Bandung. Depan Alfamart.

Minimarket Aneka Buah. Perumahan Citra Raya Kalideres Jakarta Barat.

Minimarket Sari Bumi, Kawasan Kampus Esa Tunggal Jakarta.

Ayo, mau beli untuk dikonsumsi sendiri, mau jadi reseller, agen, distributor, mau memasok supermarket, minimarket, toko, warung, apapun itu.. hubungin aja nomor-nomor yang sudah saya sebutkan di atas.

kripik jamur
kripik jamur tiram Alfian

Udah, gitu aja. Saya mau pesan kripik jamur tiram Alfian dulu soalnya 😀

Ngomongin makanan tanpa sesi icip-icip, rasanya gimanaaaa… gitu… Iya gak?

Okedeh.. yang mau dapat paket icip-icip, caranya gampang. Tinggal ngabsen di kolom komentar postingan ini, pake bahasa kamu sendiri.
Misal, “Aku mau dong paket icip-icipnya.” Ntar kita kocokan arisan seperti biasa.

GA ditutup hari Sabtu, 18 April 2015.
Pengumumannya Minggu sore waktu UK.

Akan ada dua orang pemenang GA yang berhak mendapatkan Kang Iwan ownernya KJTA yang lagi mencari jodoh, upsss… dua paket icip-icip yang masing-masing berisi 5 bungkus KJTA.

Ayo, buruan ngabsen 😀

52 thoughts on “Enaknya Kripik Jamur Tiram

      1. Slmt sore Mbak Rosi,
        Tlg info nmr hp yg bs supply kripik jamur tiram ke saya di Pekanbaru

  1. Aq mau donk paket icip2nya,,biar bisa tak pake tester disini,,kebetulan di tmpat tinggalq blom ada yg jual kripik jamur tiram nih,,mau jd reseller tiap nawari pd tny tester dulu hehehe

  2. Aq mau donk paket icip2nya,,biar bisa tak pake tester disini,,kebetulan di tmpat tinggalq blom ada yg jual kripik jamur tiram nih,,mau jd reseller tiap nawari pd tny tester dulu hehehe

  3. osiiiieee..sayah hadir merapat nih..*tuturubunsieuntinggaleun.. semoga kali ini dapet icip icip gratis nyah.. kripik jamur tiram hmmm..yummyyy… :)

  4. Saya kerja di BANK MANDIRI CIHANJUANG, BANDUNG, kebetulan dulu saya juga bekerja di AGEN JNE cihanjuAng, bandung, disitu saya ketemu IWAN, saya tester produk kang iwan, mencoba jd resseler, da skrg dapat mandat dari IWAN, menjadi AGEN Cimahi-BandunG. Hatur nuhun IWAN (my best friend). PIN saya 3144cf16. Share donk PIN aq

komentar Anda