Festival Tall Ships Gloucester, Inggris

Senin kemarin adalah Bank Holiday Monday yang bertepatan dengan liburan sekolah. Kebetulan pula si Yayang ngabisin jatah cuti, jadi hari itu kami pergi ke kota sebelah, Gloucester. Ni ya.. orang Inggris tuh kadang hambur kata, itu ditulisnya Gloucester, dibacanya cukup Gloster doang 😀

Hari itu cuaca Inggris cepet sekali berubah. Sebentar panas, sebentar mendung. Sebentar angin sepoi, sebentar angin kencang. Tapi okelah, dibandingkan dengan hari sebelumnya yang gerimis seharian.

Dari Worcester (nah ini lagi, dibacanya cukup Wuster aja) ke Gloucester ditempuh dalam waktu 40 menit saja. Untuk memasuki festival tahunan ini kami harus membayar tiket masuk £2 per orang, sedangkan untuk anak di bawah 16 tahun, gratis. Setelah membeli tiket, kami diberi gelang kertas berwarna hijau. Hal dimaksudkan karena festival ini bertempat di arena terbuka di dermaga. Jadi kita bisa keluar masuk sesuka hati ke banyak area hiburan di tempat itu dengan hanya menunjukkan gelang tersebut.

Festival ini berlangsung di Gloucester Historic Dock, sebuah dermaga besar yang letaknya dekat pusat Kota Gloucester. Ada belasan kapal yang dipamerkan di sana. Kapal-kapal yang usianya seabad itu masih terawat rapi dan masih beroperasi. Pengunjung boleh menaiki kapal-kapal tersebut, tapi dengan biaya lebih. Untuk menaiki kapal bermaterialkan kayu dan bertiang layar amat tinggi ini tiketnya £6 yang dibeli ketika memasuki area festival.

Banyak atraksi yang disajikan. Diantaranya ialah Pirate ship battle. Pertunjukkan ini seru sekali. Dimana dua kapal bajak laut berperang hebat. Suara meriam (cannon) berdentum-dentum. Setidaknya masing-masing kapal bajak laut itu melepaskan 5 kali tembakan meriam. Tentu saja meriam yang digunakan bukan meriam sebenarnya yang membahayakan lawan dan penonton festival. Tapi meriam bohongan yang hanya mengepulkan asap dan dentuman suara yang hebat.

Atraksi air yang berlangsung di dermaga Gloucester lainnya adalah flyboarding. Pertunjukan ini tak kalah seru. Dimana seorang atlet flyboarding terbang di udara dengan kekuatan tekanan air dari bawah.

Atraksi lainnya adalah pentas musik. Area panggung diseting sedemikan rupa hingga menarik. Diberi rumput sintesis, diletakkan banyak bangku pula. Jadi yang tidak kebagian tempat duduk, penonton bisa duduk-duduk santai di rumput tersebut sambil menikmati sajian musik dan curahan sinar matahari yang semakin siang semakin hangat.

Area panggung dilingkup stand bazaar aneka makanan dan minuman. Pas benar. Makan minum, duduk-duduk santai, berjemur, menikmati sajian musik.

Di bagian area lainnya masih ada panggung kecil, pameran barang antik, mobil antik, serta puluhan stand bazaar lainnya yang tidak hanya menjual makanan dan minuman tapi juga kerajinan tangan, pernak-pernik, pakaian, tas dsb.

Korsel, bouncy castle, serta permainan anak lainnya ikut memeriahkan suasana. Tukang balon, tukang es krim, permen, cotton candy memberi warna lainnya.

Yang tak lah seru, banyak panitia yang hilir mudik memakai pakaian bajak laut yang heboh. Banyak anak-anak minta berfoto bersama mereka. Sesekali para bajak laut gadungan itu berakting drama di tengah jalan.

Buat yang pengen penasaran seperti apa serunya festival ini silakan intip dimari:

 

22 thoughts on “Festival Tall Ships Gloucester, Inggris

  1. Eh iya kirain dibacanya glocester aja gitu haha. eh keren deh video citizen journalism nya :) teteh sering kirim video ke net ya?
    ada flyboarding juga, keren banget itu. pengen bisa ngelayang2 trus tenggelam pake fly boarding. tapi ngeri juga soalnya gada pegangannya hehe

  2. Waaah pengen banget foto-foto bareng bajak laut. Berarti kapal-kapalnya mirip dengan yang di Pirate Carribean ya Mbak?

  3. Wah, kalau panitia pakai baju ala pirate gini bukan hanya anak doang yg suka, emaknya juga. Kalau bazzar ini kesukaannya emak emak karena doyan incip incip, hehehe

      1. Abis terlalu narsis bergaya bersama 2 bajak laut yang gayanya menyeramkan. Suami saya aja bergidik 😀
        Sampe suami saya bilang, “Jelek amat sih gayanya, buk?” 😀

  4. Jadi huruf c dan e dalam kata Gloucester dan Worcester itu fungsingnya sebagai apa ya? Hehehe… ikutan bingung…
    Seru banget festivalnya, mbak… Btw Bank Holiday Monday itu hari libur nasional di sana kah?

    1. c dan e itu sebagai apa yaa…. hmm.. kudu nanya sama ahli bahasa Inggris yang asli Inggris dlu nih kayaknya 😀

      Bank Holiday Monday itu klo gak salah, kurleb: pd jaman dlu persatuan bank di Inggris punya waktu untuk rapat/berkumpul bersama, kan jaman dlu blom ada imel-imelan 😀
      Jadi pada senin itu, karena bank tutup, kantor” jg tutup, sekolah jg tutup, begitu kira” 😉

komentar Anda