Dapatkan barang murah, jelang tutup toko

Meski biaya hidup di Inggris amat tinggi, namun kita bisa mencermatinya dengan berbagai cara. Seperti, berbelanja beberapa barang sesuai keperluannya di charity shop ataupun di car boot sale. Satu cara lainnya yang ingin saya bagikan adalah berbelanja jelang tutup toko.

Untuk diketahui, hampir semua jaringan supermarket besar (milik) Inggris, seperti ASDA, Morrison, Tesco dll, memiliki produk makanan yang diproduksi harian. Seperti aneka roti dan aneka makanan jadi (ayam panggang, pie, pasta, dll). Menurut standar penjualan, makanan-makanan tersebut tidak layak dijual esok hari.

Seperti cerita anak saya yang diberi sekantung produk harian suatu cafe (carrot cake, lemon cake, cheese sandwich dan dua scone ukuran jumbo) saat sebelum cafe tersebut tutup. Kemungkinan besar karena makanan-makanan tersebut tidak memakai pengawet dan untuk menjaga kualitas juga tentunya.

Sama halnya cafe, supermarket yang saya sebutkan di atas tadi itupun memiliki standar penjualan yang sama. Dimana semua roti/cake dan makanan olahan harian itu harus terjual/keluar di hari yang sama saat diproduksi.

Jika roti dan makanan olahan tersebut terjual tiga jam sebelum toko tutup tentulah tak ada masalah. Namun setelahnya, produk makanan tersebut mulai dibandrol miring. Setiap supermarket memiliki hitungan waktu yang berbeda, namun rata-rata, produk makanan tersebut dibandrol miring, tiga jam sebelum tutup toko.

Jika setelah dibandrol miringpun belum terjual, maka di satu jam terakhir toko tutup, harga itupun diturunkan lagi. Jika dikira-kita, potongan harga pertama sekitar 70%, potongan harga kedua sekitar 40%. Persentasi itu tentulah tidak mutlak. Tergantung jenis produknya, tergantung supermarketnya, dll.

ASDA Reduced price

Sebagai contoh, harga roti tawar satu loaf 80p, diskon pertama jadi 54p, diskon kedua jadi 35p. Contoh lainnya, ikan salmon, harga awal £5,20, diskon pertama jadi £3,69, diskon kedua jadi £2,80. Mayan banget kan bedanya? Tapi jangan salah ya, meski makanan ini dibandrol murah, namun kualitasnya masih bagus. Rotinya masih empuk, begitupun produk makanan jadi lainnya.

Selain produk harian: roti/cake, makanan olahan yang disebut diatas, produk lainnya yang mengalami potongan harga adalah produk fresh, seperti: sayuran kemasan, daging kemasan, ikan kemasan, makanan instan, dll. Produk-produk makanan yang terakhir ini memiliki masa pajang/masa kadaluarsa. Meski tertera tanggal kadaluarsa namun kualitas produknya kadang masih bagus. Tanggal kadaluarga bukan tanggal terakhir konsumsi. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak menyimpan lama barang-barang yang sudah dibeli ini. Dikonsumsi di hari yang sama, atau paling tidak keesokan harinya.

Sama halnya seperti grup makanan pertama, grup makanan kedua inipun mengalami dua kali potongan harga sebelum tutup toko.

Mengenai display tempat, Anda bisa perhatikan di beberapa spot, tergantung supermatketnya sih. Saya ambil contoh, ASDA. Biasanya ASDA meletakkan roti diskonan di rak besi beroda yang bisa dipindah-pindah (apalah namanya itu) dekat pintu masuk. Sehingga langsung tertangkap mata oleh para konsumen.

Untuk display makanan segar biasanya diletakkan di ujung lorong/chiller (apalah namanya itu) dengan strip warna tertentu (biasanya merah) dan bacaan jelas “still fresh – reduced price”

Sedangkan untuk produk daging/makanan olahan harian seperti ayam panggang, pie, pasta dll, menempati tempatnya semula di konter khusus. Sekali lagi, tentunya mengenai spot pojok diskon itu tidak mutlak, tergantung supermarketnya.

Namun demikian, di manapun letaknya barang-barang diskonan ini, ada saya ciri khusus. Ialah lebelnya. Untuk ASDA dan untuk beberapa supermarket, mereka memakai lebel harga berwarna kuning. Mungkin supaya lebih kentara/mencolok.

Setelah tahu hal ini, gimana? apakah Anda akan berbelanja di akhir tutup toko? 😀

Semoga informasi ini bisa berguna bagi emak irits ataupun para mahasiswa yang akan/sedang berkuliah di Inggris.

Kalau bisa mendapatkan harga murah, kenapa juga harus keluar uang lebih? Iya ngak? 😉

Selamat belanja bijak!

12 thoughts on “Dapatkan barang murah, jelang tutup toko

  1. Kalau aku tahunya ya di cafe-cafe atau fast food gitu yang suka kasih ke pegawainya makanan yang berlebih ke karyawannya.
    Kalau ada di indonesia, jadi pengen belanja jelang toko tutup 😀

  2. Ini biasanya aku kalau ke mall besar
    ada bbrp toko roti yg diskon20-30% pas jam 9 malam
    bahkan ada yg beli 1 gratis 1 mendekati jam tutup toko
    lumayan :)))

  3. Jadi inget film jepang (tapi lupa judulnya hehehe)
    intinya karena mereka keluarga gak punya, jadi ya gitu mak, memaksimalkan diskon saat toko hendak tutup, bahkan diceritakan mereka sekeluarga hapal loh letak barang dan jam berapa mulai diskonnya 😆

komentar Anda