Adopsi Kuda di Inggris

horse sanctuary

Banyak cara yang dilakukan oleh organisasi pencinta hewan di inggris dalam menyelamatkan keberlangsungan satwa. Salah satunya adalah dengan adanya horse sanctuary atau tempat penampungan kuda yang berlokasi di Oxhill, Kota Coventry, Inggris.

Di sini ada 90 kuda, kuda poni dan keledai yang ditelantarkan, dianiaya atau diperlakukan tidak baik oleh pemilik sebelumnya. Maka, atas nama hak asasi hewan, kuda-kuda ini berhak diambil alih yayasan demi keselamatan hewan tersebut.

Ada pula kuda-kuda (poni, keledai) yang diserahkan langsung oleh pemiliknya karena tidak mampu lagi merawatnya. Baik karena alasan kuda tersebut sakit ataupun perlu perawatan khusus dll.

Setidaknya ada 2.000 kuda, kuda poni dan keledai bernasib sama yang dinaungi yayasan ini dan tersebar di banyak kota di Inggris. Dimana dana untuk pemeliharaannya mengandalkan swadaya warga yang peduli pada satwa ini.

Selain dengan cara donasi, kita juga bisa mengadopsi hewan ini hanya dengan £12,5 atau sekitar 260 ribu rupiah saja. Namun jangan paham. Istilah adopsi bukan berarti si kuda bisa dibawa ke rumah.

Teknisnya: setiap kuda memiliki nama, identitas detail beserta fotonya. Kita pilih kuda mana yang akan di adopsi. Per kuda £12,5. Kita bisa mengadopsi lebih dari satu kuda. Bisa atas nama kita, ataupun dihadiahkan atas nama orang lain. Biaya adopsi seterusnya ditransfer secara online ataupun langsung di tempat. Nantinya uang tersebut dialokasikan untuk biaya perawatan kuda yang diadopsi tersebut.

Pemilihan kuda yang akan diadopsi bisa dipantau lewat website ataupun langsung datang ke lokasi. Lokasi inipun merupakan destinasi wisata keluarga sekaligus wisata edukasi yang mengajarkan anak-anak untuk mencintai hewan, mengenalnya lebih dekat dan berkontribusi nyata dengan cara berdonasi dan mengadopsi. Tentunya pada diri anak-anak tersebut ada rasa memiliki tanpa harus memiliki (membawanya ke rumah).

Adopsi ini banyak pula dijadikan hadiah ulang tahun yang sangat keren dan didambakan anak-anak. Dengan berdonasi dan mengadopsi, mereka sepuas hati bisa menaiki kuda adopsiannya tersebut.

Jika istilah adopsi si kuda tidak bisa dimiliki (dibawa ke rumah) lain halnya dengan istilah rehome. Dimana kita bisa mengambil alih kepemilikan kuda-kuda tersebut untuk dibawa pulang. Tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku. Cuman agak ribeut kalau berniat rehoming si kuda tersebut. Perawatnnya lah, makanannya lah, kandangnya lah, kesehatannya dan sebagainya dan sebagainya. Maka dari itu program adopsi ini jauh lebih mudah. Dimana kuda-kuda (kuda poni, keledai) yang kita adopsi tetap berada di horse sanctuary (penampungan kuda) dan tentunya ditangani/diurus oleh orang-orang yang tepat.

Untuk masuk ke sini tidak dikenai tiket masuk alias gratis. Area penampungan kuda ini sangat luas sekali. Terdiri dari beberapa bagian. Kandang-kandang tertutup (istal) yang diberi nomor urut. Kandang terbuka luas dibatasi pagar agar memudahkan interaksi dengan pengunjung. Ada juga ruang pemeriksaan kuda, ruang presentasi untuk keperluan adopsi, toilet, café, toko suvenir dll. Semua keuntungan dari penjualan suvenir dan cafe seutuhnya untuk yayasan ini. Adapun barang-barang yang dijual di toko suvenir sangat beragam dari harga termurah 1 pounsterling sampai puluhan pounsterling. Mulai dari kartu pos, alat tulis, mug, kaus, tas  hingga lukisan kuda dan masih banyak lagi.

Wisata edukasi sekaligus wisata keluarga ini banyak dipilih para orang tua. Di sini kita bisa mengetahui sifat, karakter, fakta-fakta dan ilmu lainnya tentang perkudaan. Juga  bagaimana cara yang baik memperlakukan mereka. Petugas-petugas di sini sangat ramah kepada para pengunjung. Mereka siap membantu dan memberikan penjelasan tentang segala hal yang berkaitan tentang horse sanctuary ini.

Semua kuda yang ada di sini diperlakukan baik oleh tangan-tangan profesional di bidangnya masing-masing. Makanannya, kesehatannya, kondisi kandangnya dan lain sebagainya. Maka tak heran di setiap bagian area ini terjaga kebersihannya. Demikian pula untuk menjaga kebersihan tangan, disediakan banyak hand sanitizer dispenser di beberapa spot. Agar pengunjung yang sudah berinteraksi/ mengelus/ memegang kuda segera mencuci tangannya.

N10, NRosmel29 – 04112015

3 thoughts on “Adopsi Kuda di Inggris

komentar Anda