Mata Air Abadi di Inggris

malvern2

Di sebelah Barat Daya Kota Birmingham terdapat kota kecil bernama Malvern. Malvern memiliki barisan perbukitan yang kami sebut Malvern Hills. Setidaknya ada 20 bukit yang saling bertautan di sana.

Di dalam perut malvern hills terkandung banyak sumber mata air yang dipercaya berkhasiat bagi kesehatan tubuh juga sebagai penyembuh. Mata air  tersebut melimpah ruah mengalirkan airnya di kaki – kaki perbukitan Malvern.

Untuk memanfaatkan khasiat air mujarab ini pada 1842 Dr. James Wilson dan Dr. james Gully mendirikan  klinik SPA Hydrotherapy. SPA singkatan dari Sante Par Aqua (Bahasa Latin) yang artinya sehat melalui terapi air. Sejak itulah Malvern kian terkenal seantero Inggris. 

Pada masa itu SPA ini amat dirasakan khasiatnya  oleh para pasien yang datang dari berbagai kalangan. Mulai kalangan kerajaan Inggris, bangsawan, novelist, politikus / ilmuwan dsb.

Sebut saja diantaranya Charles Darwin yang tersohor dengan teori evolusinya itu. Istrinya Charles Dickens (novelis), Florence Nightingale (ibu perawat sedunia) bahkan Franklin Delano Roosevelt yang tak lain adalah presiden amerika yang ke-32. Franklin kecil yang pada tahun 1889 itu masih berusia 7 tahun sengaja melakukan terapi untuk kesembuhan penyakit kejangnya di Malvern ini.

Saking terkenalnya Malvern, sampai-sampai Ratu Victoria membeli rumah di sini. Bahkan kono katanya, jika melakukan perjalanan dinas ke luar negeri beliau harus membawa bekal minum dari mata air Malvern Hills.

Berabad telah berlalu, namun keasrian Malvern Hills masih tetap terjaga. Begitupun dengan mata air – mata airnya, masih mengalir di kaki – kaki perbukitan Malvern. Dan sampai sekarang air yang keluar dari mata air-mata air tersebut bisa langsung diminum tanpa harus melalui proses pematangan/pemasakan terlebih dahulu, rasanya pun sangat menyegarkan.

Banyak warga sekitar yang mengambil air Malvern Hills untuk dikonsumsi hari-hari dengan memakai jarigen/gallon. Pun para turis lokal dan mancanegara. Selain meminumnya di tempat juga dibawanya pulang.

Dari sekian banyak titik sumber mata air yang digelontorkan untuk pengunjung salah satunya ada di St. Ann’s well. Di tempat itulah awal mula kota Malvern dibuka oleh para biarawan. Dimana st. Ann’s  merupakan tempat tinggal para biarawan pada abad lampau.

Jejak Malvern Hills sebagai tempat terapi air alam bisa dilihat di salah satu bangunan menuju Malvern Hills yang bernama Aldwyn  Tower yang merupakan tempat tinggalnya Franklin Roosevelt saat tetirah alias berobat aka melakukan terapi SPA di Malvern Hills.

Hingga kini Malvern Hills masih ramai dijadikan destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun manca negara. Selain dijadikan wisata alam juga dijadikan trek olah raga naik bukit.

Meski sering kali kami naik perbukitan Malvern, namun tak ada kesan bosan. Karena untuk menaiki perbukitan Malvern ini ada banyak titik pendakian. Yang tentu saja viewnya tidak selalu sama. Titik pendakian bisa dari Great Malvern yang paling mudah dijangkau ataupun dari titik pendakian lainnya. Dari titik manapun naiknya, jangan lupa nikmati kesegarannya air Malvern yang langsung keluar dari mata air-mata air yang keluar dari kaki perbukitan Malvern.

Ayo, siapa yang mau menikmati segarnya air pegunungan Malvern dan ingin menyaksikan keindahan perbukitan Malvern, jangan lupa ajak saya, ya? 😀
Karena perbukitan ini letaknya tak jauh dari rumah saya 😉

Waduh, PPnya anak gadiskuh 😀
Tolong abaikan penampakkan dirikuh yang agak bulat, sepertinya kesalahan ada pada mata anda. Atau mungkin setingan kameranya gak bener nih 😛 😛

*N10. N30Rosmel. 12112015

9 thoughts on “Mata Air Abadi di Inggris

komentar Anda