Mesin Penukar Receh

Beberapa waktu lalu saya pernah posting tentang mesin penukar receh di sini. Di mesin tersebut remahan uang (1p, 2p, 5p, 10p) yang nyaris tiada arti itu bisa cukup untuk belanja. Yaiyalah, orang recehannya setoples penuh.

Nah, kali ini saya akan kasih unjuk kebalikan dari mesin penukar receh tersebut. Beberapa waktu yang lalu, untuk sebuah keperluan saya dan suami pergi ke London. Pas di Liverpool Street Station kami kebelet pipi*. Penunjuk arah mengarah ke lantai bawah. Di ujung tangga saya liat untuk memasuki area toilet tersebut terdapat palang pembatas. Artinya saya perlu koin untuk menewatinya.

Wah, celaka, mana kebelet, mana gak punya koin pula. Soalnya keping logam terakhir yang saya punya 20p itu dipakai untuk ke toilet  lainnya tadi pagi. Duh, London mah WCnya matre 😛

Sejauh ini, yang saya alami, toilet berbayar di Inggris kisaran 20p-30p. Atau sekitar 4.000 rupiah – 6.000 rupiah. Sejauh ini, selama saya suka jalan-jalan Jelajah Inggris, cuman beberapa tempat aja sih yang WC umunya berbayar. Terutama London. Secara, kota metroplolitan gituloh.

Tapi, ebentar, ketika saya menuruni anak tangga terdengar gemerincing jatuhan suara koin di kotak mesin itu. Ya, mesin yang mirip vending machine itu rupanya mesin penukar uang. Bedanya dengan postingan saya sebelumnya mesin ini kebalikannya. Dari uang gede ke uang receh. Sebelum saya menukar nampak orang-orang menukar uang di sana. Ada yang nukarnya lembar £5. Udah gitu malah gak ke toilet. Oh… kali dia butuh untuk keperluan lainnya. Ya, karena di Inggris banyak fasilitas mandiri (artinya tidak ada petugasnya) yang dioperasikan oleh mesin dengan cara memasukan koin terlebih dahulu. Selain toilet umum, vending machine makanan/minuman, bayar parkir dll.

Saya pun ikut menukarkan di mesin penukar koin tersebut. Karena suami udah nuker uang sendiri, jadi saya cukup menukar £1 aja yang jadi pecahan 10p dan 20p. Mayanlah cukup untuk beberapa kali pipi* 😀 Maklumlah Inggris udah dingin. Bawaannya gampang kebelet ke belakang.

Nah, ini dia penampakkan mentahnya:

Dan ini penampakkan yang tayang di NET12. 10122015. N_34Rosmel

12 thoughts on “Mesin Penukar Receh

  1. Waaah kereen ya ada mesin penukar receh.. Andai di indonesia ada mesin penukar receh pasti laku terutama untuk nuker uang lebaran ehehehhee.. Makasih ya mbak share nya, pengetahuan jadi nambah

    1. iya bener.
      Tapi walaupun belum ada, tenang aja, kan ada abang” pengamen biasanya mereka ngantongin receh banyak, hehehe..
      *sotoy, soalnya ga tau jg tarif pengamen di indonesia kyknya udah pk lembaran ribu kali ya? 😀

  2. Wuih asik ya mesinnya
    Jadi kita gak pusing2 klo lagi butuh receh
    Dan enaknya disana kesadaran masyarakat untuk menjaga fasilitas publik itu bagus. Kalo di Indonesia entahlah, agak2 pesimis saya *maaf* secara macam telp umum koin jaman dulu aja sering digebrak2 atau diakalin biar koinnya berjatuhan huhuhu

    1. Soal telpon koin itu, sy jg pernah jadi anak nakal dulu. Klo Box koinnya udah penuh, pancing sama satu koin trus pukul2 phone box nya, kercinggggg… uang koin pun berhamburan. Hahaha… anak bandung yang badung :)

komentar Anda