Unik, Winter Garden Sajikan Konser Musik Tiap Minggu

Di inggris banyak terdapat ruang terbuka hijau berkonsep taman yang disediakan bagi warga sekitar. Tidak hanya di kota-kota besar, keberadaan taman sebagai tempat berinteraksi warga ini merata hingga ke desa. Seperti di Malvern. Sebuah kota kecil yang penduduknya hanya 30.000 jiwa saja, terletak sebelah Barat Daya Birmingham.

Baca juga tentang Misteri Sumber Mata Air Abadi di Malvern Hills berikut ini.

Dari sekian banyak taman kota di Malvern, Winter Garden salah satunya. Taman kota nan luas ini dilengkapi playground (sarana bermain anak) dan kolam ikan yang banyak dihuni unggas.

Baca juga unggas-unggas korban banjir di Inggris.

Yang unik dari winter garden ini, setiap musim panas selalu menyajikan konser musik yang rutin digelar setiap hari minggu. Dimana band pengisi konser berasal dari berbagai komunitas yang ada di kota Malvern. Baik dari kalangan komunitas anak muda maupun kalangan ibu-bapak. Adapula oma-opa atau kaum pensiunan yang berpartisipasi dalam konser ini. Bahkan sering kali pula, antara kaum muda dan kaum tua berkolaborasi dengan serasi.

Genre musik yang disajikan lebih ke musik yang slow. Diantaranya musik jazz. Adapun pemilihan lagunya kombinasi antara lagu tempo dulu dan lagu kekinian. Walau tetap dipilih yang ritme slow. Tentunya agar bisa dinikmati oleh penonton yang didominasi kaum oma-opa.

Pemain musik beraksi di gazebo yang letaknya di tengah taman. Sementara itu penonton duduk melingkar santai menghadap gazebo. Ada yang duduk-duduk di atas rumput nan hijau. Ada pula yang membawa kursi lipat dari rumah.

Cuaca yang hangat bersahabat serta suasana penuh keakraban bertambah asik ditemani musik. Konser digelar siang hari. Sesi pertama berdurasi sekitar 1-2 jam kemudian istirahat lalu disambung sesi kedua dengan durasi yang tak jauh beda.

Tak lama memang, tapi cukup menghibur warga. Sehingga hari minggu adalah hari yang dinanti untuk berkumpul di sini. Meski konser usai, tak lantas semuanya bubar. Ada yang meneruskan berjemur sambil membaca buku. Ada yang meneruskan piknik sambil gelar kain dan makan siang di sini. Ada pula orang tua yang lantas mengasuh anak-anaknya bermain di playground atau sekadar memberi makan unggas-uggas.

Itulah salah satu fungsi taman di sini. Sebagai sarana hiburan warga, berinteraksi,  bercengkerama sambil menikmati musik.

Satu hal yang paling penting, setiap akhir konser ditutup dengan lagu kebangsaan Inggris “God Save The Queen” Dimana semua pononton langsung berdiri meski tak ada instruksi. Kami berdiri tegak dan khusuk  menyanyikan lagu ini hingga usai.

Oiya, semua pembiayaan konser rutin ini sepenuhnya didanai kas Pemkot Malvern yang tentu saja sumbernya berasal dari pendapatan pajak penduduk Malvern. Sebuah timbal balik yang baik kan? Pemerintahnya baik, warganya happy.

Dan inilah penampakan Winter Garden di sebuah minggu yang cerah musim panas kemarin, ketika kami bernostalgia di kota pertama yang kami tempati, Malvern yang damai.

N10. N43Rosmel14012016.

8 thoughts on “Unik, Winter Garden Sajikan Konser Musik Tiap Minggu

    1. wah, klo warga kota tiap hari piknik kayak mas nuno, pasti warganya kreatif dan produktif semua. Soalnya org yg kurang piknik biasanya kurang kreatif 😀

  1. eeh..ada musik Jazz yaa…aku suka banget dengan musik JAzz…
    yang seperti ini nich seharusnya jadi contoh buat para pemerintah kota, mudah-mudahan saja setelah program car freeday…bakalan muncul program Free Music for All…..
    keep happy blogging always..salam dari Makassar – Banjarbaru :-)

    1. Semoga bisa direalisasikan di kota-kota di Indonesia.
      Asik loh, pak, ngejazz sambil bejemur, sambil makan es krim dan bercengkrama bersama keluarga tercinta 😉

komentar Anda