Lebih Dua Dasawarsa, John Pawson, Warga Inggris, Geluti Gamelan Indonesia

Indonesia memiliki sejuta pesona budaya. Diantaranya keberagaman seni musik. Satu diantaranya ialah gamelan.

Perpaduan alunan bonang, kendang, saron, kenong dan lainya mencipta harmonisasi nada yang mampu menelusuk sukma hingga tercipta rileksasi. Ketenangan dan kenyamanan itulah yang dirasakan banyak orang ketika mendengarkan alunan gamelan, termasuk seorang Inggris bernama John Pawson.

bule maen gamelan

Beliau jatuh cinta pada gamelan karena pesona harmonisasi alunannya serta  etos kebersamaan dalam bermain gamelan.

Pria ramah yang pintar berbahasa Indonesia ini berlatar belakang kuliah jurusan musik. Iapun berkesempatan mendapatkan beasiswa  belajar gamelan di STSI (sekang menjadi ISI alias Institut Seni Indonesia) di Surakarta, lebih dari dua puluh tahun yang lalu.

Sekembalinya dari indonesia ia menjadi penggiat gamelan. Mengajar di beberapa tempat salah satunya di Southbank Center.

Selain mengajarkan bermain gamelan, John sering tampil di berbagai kesempatan. Baik di Inggris maupun di negara Eropa lainnya.

Pada sebuah kesempatan bertajuk Bristol Indonesian Society Gathering (kumpulan orang indonesia yang mukim di Kota Bristol) John beserta rekan-rekannya tampil di sini.

Adalah sesuatu yang unik, menarik, bangga sekaligus gimana… gitu.. 😀
Bangga ada orang luar negeri yang sangat cinta budaya Indonesia. Rasa gimananya itu ialah ketika beliau beserta teman-teman grupnya menghibur kami, orang indonesia, yang nyata-nyata pemilik kesenian ini.

Apapun itu, terbukti gamelan disukai hingga ke luar negeri. Menurut John, rekan-rekan pemain gamelan dan murid-muridnya nyaris didominasi oleh orang Inggris. Ada juga sih orang Indonesia, tapi bisa dihitung jari.

Sering kali dalam setiap penampilannya, John memberikan workshop super singkat kepada penonton yang hadir untuk bermain gamelan bersama. Dalam kesempatan BIS Gathering kala itu penonton diantaranya masyarakat indonesia serta Wakil Dubes RI untuk Inggris, Ibu Anita, ikut serta memainkan gamelan (bagian kendang). Mantap deh ini ibu 😉

Mau lihat permainan Ibu Dubes kami bermain gamelan? Intip aja artikelnya di sini. 😉

Tak perlu waktu lama. Peserta workshop yang dipandu oleh para pemain gamelan profesional inipun berhasil mengalunkan tembang sederhana atas arahan John.

John pandai memainkan semua alat musik gamelan, terutama kendang. Tangannya begitu piawai memukul kendang. Iapun pintar ngawih sebagai pelengkap seni pertunjukan gamelan tersebut. Lengkap sudah. Memimpin gamelan, bermain kendang serta ngawih.

Mau lihat penampilan Pa John saat mimpin gamelan, maen kendang serta nembang? Klik ini!

Makasih, Pak John, Anda telah melestarikan budaya kami serta menyebarkan seni gamelan ke belahan bumi lain.

Lebih dari dua dasawarsa, John Pawson, Warga Inggis, Geluti Gamelan Indonesia

Orang Inggris cintai gamelan indonesia

John hanyalah salah satu orang bule yang sangat mencintai budaya Indonesia. Masih banyak John-John lainnya di inggris serta di seluruh dunia yang cinta budaya Indonesia. Lalu, bagaimana dengan kita?

Oiya, selain Pak John, intip juga kegiatan Louis Mc Kenzie seorang Inggris yang pintar mendongeng “Bawang Merah Bawah Putih” di link ini.

 

2 thoughts on “Lebih Dua Dasawarsa, John Pawson, Warga Inggris, Geluti Gamelan Indonesia

komentar Anda