Indonesia Hadir di Carnaval Oxford Inggris

Minggu, 10 juli 2016 Kota Oxford menggelar event tahunan yang bertajuk Cowley Road Carnival. Dinamakan demikan karena karnaval ini berlangsung di sepanjang Jalan Cowley Kota Oxford Inggris.

Karnaval ini melibatkan ratusan penari dan musisi juga orang biasa dari berbagai kalangan. Mulai dari siswa/siswi TK hingga para mahasiswa, profesional muda hingga kaum tua.

Seperti tahun-tahun sebelumnya karnaval dimeriahkan beberapa komunitas serta kelompok negara-negara asal Asia, Afrika, Amerika latin dll yang bermukim di Kota Oxford. Karnaval berlangsung sangat meriah karena diiringi alunan musik yang menghentak.

Acara tak hanya dimeriahkan karnaval saja tapi juga dimeriahkan panggung hiburan yang menampilkan segala jenis musik serta banyak tarian tradisional dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Cuaca hangat yang bersahabat ini begitu dinikmati oleh para pengunjung sambil menikmati musik, makan-makan dan berjemur di dekat panggung ataupun dekat pertunjukan musik yang tersebar di beberapa titik keramaian.

Dalam kesempatan ini, Indonesia menampilkan dua tarian daerah yaitu tari merak dari Jawa Barat dan tari Badindin dari Sumatra Barat yang dibawakan oleh para mahasiswa/mahasiswi Indonesia yang tengah menimba ilmu di Universitas Oxford.

Boot Indonesia di Cowley Rd Festival Inggris
Boot Indonesia, Ibu Dubes RI (Ibu Hana) beserta para mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Oxford.

Acara yang diperkirakan dihadiri 45.000 pengunjung ini menyajikan aneka sajian kuliner dari berbagai negara, salah satunya ialah kuliner indonesia. Adapun menu-menu Indonesia yang banyak diserbu pengunjung ialah sate, rendang, bakso, es cendol dan masih banyak lagi. Rupanya pengunjung bule banyak yang menyukai makanan Indonesia. Tak heran makanan yang dijual itupun ludes diserbu pembeli.

Menurut Dubes RI untuk Inggris dan Irlandia, Bapak Rizal Sukma, kesempatan ini merupakan ajang yang tepat untuk mempromosikan Indonesia lebih luas lagi. Hal tersebut diwujudkan dengan sediakannya boot/counter Indonesia. Dimana segala hal tentang adat budaya dan pariwisata Indonesia diperkenalkan kepada para pengunjung karnaval.

N10. NRosmel_11072016

Hal menarik lainnya di konter ini disediakan beberapa pakaian tradisional Indonesia yang bisa dikenakan oleh para pengunjung. Tentu saja hal ini berhasil menarik minat pengunjung.

Mereka begitu antusias mencoba pakaian-pakaian tradisional indonesia tersebut. Seperti segerombolan mahasiswa Internasional yang saya jumpai. Salah satunya bernama Talia dari Argentina.

Mau lihat kegiatan para mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Oxford? ataupun hasil jalan-jalan kami seputar Oxford? Intip di sini!

komentar Anda