Porthcurno Beach, Pantai Tersembunyi Nan Elok di Cornwall Inggris

Wisata Inggris tak hanya wisata kota, wisata sejarah ataupun wisata belanja saja. Sesekali cobalah wisata alamnya. Karena Inggris memiliki banyak sekali wisata alam yang patut dijajal. Salah satunya adalah Cornwall.

Cornwall adalah sebuah county yang terletak di sebelah Barat Daya Inggris yang merupakan daerah pesisir pantai. Tak heran jika di sini terdapat banyak pantai. Pantainya asik-asik, cantik, bersih, tenang menyejukkan.

Saking banyaknya pantai di pesisir ini banyak pantai yang tersembunyi, sepi dan sangat alami alias tak banyak diserbu pengunjung. Mungkin karena pengunjungnya tersebar di banyak pantai lainnya di Cornwall ini.

Salah satunya pantai yang sepi alami nan elok itu ialah Pantai Porthcurno yang terletak di sebuah desa kecil bernama Porthcurno Village. Pantai Portcurno seolah pantai tersembunyi karena untuk mencapainya diperlukan perjuangan.

Pantai Porthcurno dilingkup tebing tinggi, jurang curam nan indah. Untuk mencapainya kita harus melewati tebing bebatuan dan tanaman (ilalang) yang menghadang jalan. Meski harus menuruni tebing curam dan ilalang tinggi namun perjalanan yang cukup melelahkan tersebut terbayar sudah ketika tiba di pantai yang berpasir sangat lembut ini.

Tiba di pantai, waktunya untuk bersantai, menikmati hangatnya matahari, deburan ombak serta pemandangan sekitar yang sangat eksotik berupa tebing bebatuan dengan rerumput hijau di atasnya. Ya, pantai yang tenang, damai serta relatif sepi ini dilingkup barisan tebing batu yang memesona. Seperti itu pula lah yang dirasakan dan diutarakan oleh Mc Owen, seorang turis asal Skotlandia yang saya temui ketika menuruni tebing ini.

Waktu itu, saya menuruni tebing bersama si sulung lalu berpapasan dengan Pak Owen beserta istrinya yang tengah menaiki tebing lalu duduk beristirahat di bebatuan tebing itu dengan napas terengah-engah kelelahan. Lalu kami duduk sebentar sambil menatap horizon yang luar biasa indahnya.

Rupanya, apa yang dirasakan Pak Owen saat menaiki tebing menuju arah pulang, saya rasakan pula. Hufff.. bikin lutut bergetar, maklum, umur 😀

Seperti pantai-pantai lainnya di Inggris, tentu saja untuk memasuki pantai ini tidak ada tiket masuknya, alias gratis.

 

Berwisata ke pantai, selain menikmati suasananya, bisa juga menikmati patung-patung pasir di pantai Somerset, Inggris, berikut ini.

Unik, Patung-Patung Pasir di Inggris

Nah, kalau yang ini hasil jalan-jalan kami berwisata ke pantai yang ada di Skotlandia.