Ajaib, Cheesewring, Fenomena Batuan Raksasa Ditumpuk Alami

Tentunya anda tahu wisata stonehenge berupa tumpukan batu raksasa jaman neolitikum yang sangat fenomenal di Inggris.

Ternyata, di Inggris, keberadaan tumpukan batu seperti ini tak hanya di Stonehenge saja. Ada sebuah fenomena tumpukan bantu lainnya di Inggris yang bernama Cheesewring Stone yang terletak di Bodmin Moor, Cornwall.

Sama seperti Stonehenge, Chessewring telah ada sejak berabad-abad lamanya. Serta menyimpan misteri tertumpuknya lempengan batu raksasa ini. Pasalnya, batuan raksasa ini tertumpuk tanpa alat perekat seperti semen ataupun lainnya.

Uniknya lagi, Chessewring Stone ini terletak di atas puncak bukit yang tentunya pada jaman Neolitikum belum ada traktor, crane ataupun alat berat lainnya.

Fenomena alam yang sangat menakjubkan ini tak lepas dari legenda yang beredar dari mulut ke mulut penduduk sekitar.

Menurut legenda, tumpukan batu raksasa ini terbentuk dari lomba melempar batu raksasa antara kekuatan jahat (raksasa) dan kekuatan baik (pemimpin agama).

Konon awalnya kawasan perbukitan batu tersebut dikuasi oleh para raksasa. Ketika ajaran berketuhanan masuk, para pemuka agama menginginkan kawasan tersebut karena di sana terdapat sumur suci.

Keinginan para pemuka agama ditolak mentah-mentah oleh kelompok raksasa. Maka diantara keduanya terjadi kesempakatan perebutan wilayah dengan cara adu kekuatan melempar batu raksasa.

Jika raksasa yang menang, maka mereka berhak bertahan di kawasan tersebut. Sebaliknya, jika kelompok raksasa kalah, maka mereka harus hengkang dari sana.

Kesempatan pertama diberikan kepada salah seorang raksasa yang bernama Uther. Ia melempar sebongkah batu, lalu jatuh di puncak bukit itu. Batu raksasa kedua dilemparkan oleh seorang pemuka agama yang dibantu kekuatan yang kuasa. Batu kedua itupun menumpuk kemudian.

Hal tersebut dilakukan bergantian hingga terciptalah tumpukan  batu raksasa di puncak bukit tersebut. Lemparan-lemparan batuan itu terus berlanjut dalam posisi draw atau sama kuat.

Tibalah satu lemparan yang dilakukan tim raksasa yang kemudian lemparan tersebut meleset dan menggelundung ke bawah bukit. Pemuka agama mengambil batu raksasa itu lalu meletakannya di puncak batuan tertinggi. Dengan demikian, kelompok raksasa kalah. Pemuka agama menang dan tumpukan batu itupun bisa kita saksikan sampai sekarang.

Itulah legenda yang melekat dari misteri terumpuknya batu raksasa di bukit ini.  Entah benar atau tidak, yang jelas, Cheesewring stone ini menjadi sebuah objek wisata yang sangat fenomenal di Cornwall Inggris.

Jumlah tumpukan batu raksasa ini tak hanya satu, tapi ada beberapa tumpukan. Sayangnya, cheesewring stone letaknya jauh dari kota, tidak dilalui kendaraan umum. Serta diperlukan perjalanan jauh untuk menaiki puncak bukitnya yang curam berbatuan. Sehingga wisata cheesewring stone tak banyak diburu wisatawan layaknya Stonehenge.

Jalan yang terjal dihadang bebatuan ukuran super besar yang berserakan di kaki bukitnya sehingga menyulitkan pendaki. Namun bagi pecinta wisata alam, kendala tempuh bukan menjadi masalah. Karena lelah yang didapat sepadan dengan keindahan alam yang dirasakan.

Tiba di puncak bukit, tak hanya bisa menyaksikan tumpukan batu raksasa yang penuh misteri ini saja, tapi kita dibuat takjub dengan keindahan alamnya yang memesona. Nampak cakrawala jelas terlihat dari atas. Gugusan  alam sekitar terlihat jelas tanpa batas. Kaki bukit bebatuan, hamparan padang rumput menghijau, dimana kambing dan domba tengah merumput tenang di sana. Langit luas, awan berarak, sungguh indah terasa. Hawa sejuk, tentram, tenang dan damai.

Oiya, tentunya untuk menikmati wisata alam yang menakjubkan dan fenomenal ini tidak ada tiket masuknya alias gratis.

Mau lihat cheeswring stone dari dekat? Ini dia videonya.

Masih di kawasan Cornwall, Anda bisa kunjungi Eksotika pantai tersembunyi ini:

Porthcurno Pantai Tersebunyi Nan Elok Memesona

Ada pula cara unik menyeberang pulau dengan berjalan kaki

 

 

2 thoughts on “Ajaib, Cheesewring, Fenomena Batuan Raksasa Ditumpuk Alami

komentar Anda