Saksikan Keseruan Perang Abad Pertengahan Di Kaltenberg Knights Tournament, Jerman

Tentunya Anda sering menonton turnamen, ya kan?
Entah itu turnamen olah raga ataupun turnamen seni budaya. Tapi bagaimana rasanya menonton turnamen peperangan? apalagi peperangan di jaman abad pertengahan?

Tonton saja Kaltenberg Knights Tournament di Kastil Kaltenberg yang berada sebelah barat Kota Munich Jerman.

Arena turnamen ini diseting layaknya pada masa abad ke-13. Mulai dari arena tarung, seting tempat duduk penonton, kostum yang dikenakan para peserta turnamen, panji-panji beraneka logo, kuda-kuda yang gagah, pasukan kerajaan, pasukan ksatria dan sebagainya. Sehingga sesaat memasuki gerbang masuk arena serasa kita memasuki masa yang berbeda, serasa mundur 800 tahun ke belakang.

Turnamen ksatria ini pada abad ke-13 nyatalah adanya. Namun kini tentu saja turnamen ini hanyalah hiburan semata. Karena tak ada lagi ksatria yang bertarung demi sebuah tahta, jabatan, kekuasaan dan sebagainya.

Para ksatria, raja, putri, permaisuri dan semua elemen yang terkait dalam turnamen ini hanya aktor-aktris semata. Namun demikian, paket pertunjukan turnamen ksatria kaltenberg ini terasa nyata dan berhasil menarik minat wisatawan untuk menontonnya.

Ajang tahunan ini telah berlangsung sejak tahun 1980 dan merupakan agenda pariwisata Jerman yang mampu mengemas sejarah masa lampau yang asik untuk dinikmati.

Keseruan turnamen ini dimulai dengan drama dan pertarungan baik secara kolosal maupun satu lawan satu. Adegan demi adegan dipertontonkan penuh keseruan. Dari semua adengan, satu yang paling menarik dan paling berbahaya adalah tarung ksatria satu lawan satu dengan menggunakan kuda pacu. Mereka hanya bermodal sebuah tombak dan tameng.

Dengan kecepatan kuda yang berlari maksimal keduanya memacu dari arah berlawanan. Tombak ditancapkan pada musuh, tameng jadi pertahanan. Keduanya saling menyerang dan bertahan. Yang jatuh tentulah yang kalah dan pemenangnya ialah yang bertahan. Dan lagi-lagi tentulah yang menang dan yang kalah telah diseting sebelumnya.

Begitupun jika Anda saksikan adegan kobaran api, guling-gulingan, jatuh bangun pasukan berkuda, tombak-tombakan, kalah dan menang semuanya adengan drama semata. Karena serunya pertunjukan yang layaknya adengan film namun di depan  mata ini, maka tak heran jika durasi 2 jam tak terasa.

Keseruan didukung oleh para penonton yang memberikan suport pada jagoannya serta riuh tepuk tangan dan yel-yel dari mereka. Seperti tahun-tahun sebelumnya penonton Kaltenberg Knights Tournament selalu membludak.

Untuk tahun ini diperkirakan berhasil menarik 120.000 penonton selama 3 akhir pekan. Meski di hari terakhir Kaltenberg Knights Tournament berlangsung diselingi gerimis namun tidak mengurangi minat pengunjung untuk menyerbu gelaran ini.

Katenberg Knights Tournament diselenggarakan setiap tahun di bulan juli, selama tiga minggu berturut-turut di akhir pekan, Jumat-Sabtu-Minggu. Puncak Kaltenberg Knights Tournament tahun ini jatuh pada Minggu,  31 juli 2016.

Untuk bisa menyaksikan Kaltenberg Knights Tournament ini penonton dikenai tarif tiket yang berbeda, tergantung kelasnya. Mulai yang termurah 23 euro (sekitar Rp. 330.000) hingga kelas vip di balkon seharga 67 euro (sekitar Rp.975.000)

N5. NAdes03082016

Artikel menarik lainnya di seputar Jerman bisa dibaca di sini

Bandara di Jerman Dilengkapi Mushola dan Ruang Tidur

Andalkan Kejujuran, Kereta Jerman Tak Lalui Pemeriksaan

 

2 thoughts on “Saksikan Keseruan Perang Abad Pertengahan Di Kaltenberg Knights Tournament, Jerman

komentar Anda