Mirabell Gardens, Taman Fenomenal Tempat Shooting Film Sound of Music di Austria

doe– a deer a female deer
ray– a drop of golden sun
me– a name i call myself
far– a long long way to run
sew– a needle pulling thread
la– a note to follow sew
tea– a drink with jam and bread
that will bring us back to do… oh oh oh

Ada yang kenal dengan lagu di atas?
Hmmmm, kayaknya cuman orang-orang kece seangkatan saya ke atas deh yang kenal sama lagu di atas itu.

Iya, mungkin seangkatan ibu kamu, ayah kamu, om-tante kamu 😀
FYI, lagu ini merupakan salah satu sountrack lagu film The Sound of Music.

Jadul banget memang, film ini di Amrik sana beredar tahun 65. Tapi kan nyampe di Indonesianya telat banget. Maklum jaman dulu belom ada youtube n internet 😀
Jadi, apa-apa yang yang nge-hit di “Barat” nyampenya beberapa tahun kemudian :)

Udah gitu, pada waktu itu, gak semua orang mampu nonton film bioskop. Makanya walaupun di Amrik sana film ini beredar tahun 65 tapi saya nontonnya jaman SD di TVRI beberapa belas tahun kemudian 😛 Itulah suatu bukti saking fenomenalnya film drama musikal ini.

Penasaran seperti apa fenomenalnya film legendaris tersebut?
Buat anak kemarin sore, intip cuplikannya di bawah ini!

Nah, buat kamu-kamu seangkatan saya ke atas, atau penggemar film klasik silakan lempar memory Anda ke masa lalu. Masih ingat kan plotnya?

Ringkasnya, adalah seorang Nanny yang mengasuh 7 anak kapten “DUREN” yang kaya raya. Mengurus 7 anak ini penuh keseruan. Sang Nanny yang bernama Maria orang Austria ini orangnya mengasyikan, salah satunya ia mengajarkan anak-anak menyanyi.  Tak heran jika di film ini ada banyak lagu yang terkenal hingga saat ini. Diantaranya do-re-mi seperti yang di atas tadi, Sound of Music dan Edelweiss.

Sebentar, kalau gak salah, setelah film ini beredar di Indonesia, menyusul film sejenis di tanah air yang dibintangi oleh Immaniar dengan The Big Kidsnya. Pada jaman itu, siapa yang gak kenal keluarga Said Kelana 😉
Klo gak salah yang jadi bapaknya Edi Soed.
Kalau saya salah, dan masih ada yang inget, koreksi ya..
Dan itu artinya, kamu udah tua! 😛

Mau tau, kabar Immaniar saat ini? Intip aja di artikel saya berikut ini!

Imaniar, Artis legendaris yang ngak sok ngartis

BTW, “Do-Re-Mi” di atas entah ada hubungannya dengan “Do-Mi-Sol”nya Bang Haji feat Rita Sugiarto, entah tidak, saya kurang paham. Tapi, bisa jadi Bang Haji nyiptain lagu tersebut terinspirasi dari film The Sound of Music ini :)
Mungkin juga kali ya?
kwkwkw.. jadoel amat gue 😀
Udah jadoel, dungdat pulak! 😛
Secara, itu lagu keluarnya kan taon 70’an.

Bagaimana dengan Budi doremi?
Mungkinkah ide lagunya dari film The Sound of Music juga?
Au deh.

Eh, malah ngelantur kejauhan.

Jadi, meski sudah lebih dari 50 tahun alias setengah abad, namun lagu ini masih banyak diingat dan dinyanyikan banyak orang. Begitulah film The Sound of Music melekat di hati banyak orang, termasuk saya.

Selain film serta sountracknya yang fenomenal, satu hal lainnya yang menarik perhatian dari film ini adalah Mirabell Gardens. Yang tak lain tempat seting film sound of music yang melegenda itu.

Mirabell Gardens berada dalam kompleks Mirabell Palace yang berdiri pada tahun 1606. Karena historisnya bangunan ini masuk dalam situs warisan budaya Unesco. Taman Mirabell yang melingkup Mirabell Palace ini sangat luas, berumput hijau, berhias bunga-bunga cantik aneka rupa dan beberapa air mancur.

Kepopuleran Mirabell Gardens berhasil menarik minat wisatawan untuk bertandang ke sini. Baik wisatawan dalam  negeri maupun wisatawan manca negara.

Uniknya, seting tamannya masih sama seperti yang di film The Sound of Music setengah abad yang lalu. Perhatikan saja detailnya di video berikut ini!

Keindahan Taman Mirabell membuat wisatawan betah berlama-lama di sini. Baik sekadar menikmati suasananya, menapaki bagian sejarahnya, ataupun ingin merasakan rasa “The Sound of music” yang melegenda itu. Ada pula yang memanfaatkan taman cantik ini sebagai lokasi pemotretan pre-wedding.

Untuk memasuki taman yang terletak di Kota Salzburg ini tidak dipungut biaya alias gratis.

N12. NAdes06072016

Masih ada wisata Austria lainnya yang menarik untuk dikunjungi.
Ini dia!

Jembatan Romantis di Kota Salzburg Austria

2 thoughts on “Mirabell Gardens, Taman Fenomenal Tempat Shooting Film Sound of Music di Austria

komentar Anda