Kamu Pelajar/Mahasiswa? Boleh  Menginap di Wisma Merdeka London

Sebagai upaya memberikan kemudahan akomodasi bagi para pelajar indonesia yang sedang melakukan kegiatan study, kompetisi, atau apapun itu, KBRI London sediakan  Wisma Siswa Merdeka.

Bertempat di kawasan elit, Willesden Green London, pelajar/mahasiswa Indonesia boleh menginap di sini.

Keberadaan Wisma Siswa Merdeka sangat panjang. Diawali dari ide pendiriannya di awal dekade 60’an.

Wisma Siswa Merdeka berdiri berkat bantuan dari para donatur yang 95%nya merupakan pihak asing (terutama Inggris). Baik Perusahaan Pemerintah, Swasta, Komunitas, perorangan dll. Dimana sekitar 50 nama-nama donatur tersebut tertulis dalam plakat yang tersemat di ruang tamu wisma.

Sisma Merdeka resmi dibuka pada 5 desember 1963 yang diresmikan oleh Dubes RI untuk Inggris yang ke-4, yaitu Bapak Burhanuddin Diah yang juga ketua “Jajasan Balai Peladjar Indonesia” pada waktu itu.

Bangunan Wisma Merdeka bergaya arsitektur Victoria dengan fasilitas ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, taman belakang yang ditumbuhi pohon pear dan pohon apel yang lebat saat musim panas, 2 toilet, 2 kamar mandi, 5 kamar dengan jumlah bed yang bervariasi. Jumlah bed terbanyak adalah 5 bed dalam satu kamar. Cocok untuk rombongan pelajar/mahasiswa. Antara mahasiswa/mahasiswi tentunya dipisahkan.

Di dekade awal keberadaannya, tidak banyak mahasiswa Indonesia  menggunakan fasilitas akomodasi wisma ini. Kamar dan bed yang tersedia banyak yang kosong tak terisi. Sehingga akhirnya penggunaan kamarnya tidak hanya bagi mahasiswa saja tapi juga WNI umum yang berkegiatan di London bisa menginap di sini.

Namun beberapa tahun terakhir seiring makin banyaknya  mahasiswa indonesia yang mendapat beasiswa di Inggris mengakibatkan wisma sering kali fully booked.

Hingga akhirnya setahun terakhir ini Wisma Merdeka kembali difungsikan sebagaimana niat awalnya yaitu menyediakan akomodasi bagi para pelajar/mahasiswa yang memerlukan penginapan selama berada di London. Baik itu mahasiswa dari indonesia yang tengah melakukan kegiatan pendidikan atau tengah melakukan kompetisi antara universitas ataupun kegiatan kemahasiswaan lainnya, apapun itu.

Sering pula wisma ini dijadikan penginapan sementara alias akomodasi trasit bagi mahasiswa Indonesia baru tiba di London sebelum mendapatkan tempat menetap yang tetap.

Pendek kata, wisma ini terbuka bagi seluruh siswa/mahasiswa Indonesia yang memerlukan akomodasi penginapan selama di London.

Untuk pemesanan kamar dilakukan melalui email KBRI London. Adapun biayanya sangat murah sekali, yaitu £13,5 per malam per mahasiswa (sekitar Rp. 225.000).

Sedangkan untuk akademisi/dosen, pengantar siswa/mahasiswa (orang tua/ istri/suami ybs) dikenai tarif umum yaitu £17,5 per orang per malam (sekitar Rp. 300.000).

Karena wisma siswa merdeka merupakan akomodasi sementara bukan tempat tinggal permanen maka maksimal menginap di sini tidak boleh lebih dari 3 bulan dan minimalnya semalam.

Posisi Wisma Merdeka sangat strategis karena masuk dalam zona 2 yang tak jauh dari pusat Kota London, serta mudahnya akses bus dan kereta.

Jadi, buat pelajar/mahasiswa yang hendak ke London untuk keperluan studi, course, summer school, kompetisi, mencari informasi pendidikan, transit atau apapun itu, kamu bisa menginap di sini dengan catatan booking dulu ke email Wisma Merdeka berikut ini: wisma.merdeka@indonesianembassy.org.uk. Jangan lupa berikan informasi yang jelas, identitas diri dan keperluannya selama kamu di London.

Sayangnya, wisma yang telah berjalan setengah abad ini kurang perawatan karena semenjak dibuka belum dilakukan perbaikan. Bahkan sebagian besar furniture termasuk gorden di ruang tamunya pun masih sama seperti dulu. Itu terlihat dari foto-foto pengurus wisma yang berfoto berlatar belakang kursi dan gorden tersebut.

Namun menurut pengurus wisma dalam tahun ini rencananya wisma akan direnovasi demi kenyamanan para pelajar dan mahasiswa yang akan menginap di sini.

Hmm, selama setengah abad tersebut berapa ratus atau mungkin ribu pelajar/ mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang telah menginap di sini ya? Dan sepertinya banyak diantara mereka yang telah menjadi “orang” 😉

Barang kali kamu perlu alamat lengkapnya, catat ya..
Wisma Siswa Merdeka
44 Dartmouth Road,
Willesden Green,
London NW2 4EX.

Pemesanan kamar ke email berikut ini:  wisma.merdeka@indonesianembassy.org.uk

 

Oiya, nanti kalau kamu menginap di sini, jangan lupa sekalian eksplore London sepuas hati. Nih, saya kasih bocoran beberapa tempat yang asik untuk dikunjungi selama kamu berada di London.

Brick Lane Market, Pusat Kuliner Dunia di London

Romantisme London Eye Kala Senja

Mau tau kira-kira abis berapa untuk keliling London, cekidot!

Keliling London Cuma £11

 

2 thoughts on “Kamu Pelajar/Mahasiswa? Boleh  Menginap di Wisma Merdeka London

komentar Anda