Pesona Alam di Bogor yang Membuatmu Terpesona!

Untuk Anda yang suka dengan wisata alam tapi memiliki budget pas-pasan, jangan berkecil hati. Karena di Bogor ada banyak tempat wisata alam dengan biaya masuk yang sangat murah. Namun, sebelum itu ada baiknya Anda memilih penginapan selama Anda mengunjungi kota Bogor.

curug fenomenal di bogor
Foto Nandang Suryadi

Salah satu pilihannya adalah Pesona Alam Resort and Spa yang berlokasi di jalan Taman Safari No. 101, Kampung Baru Tegal, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Penginapan ini dapat Anda pesan dengan cara klik di sini.

Hotel yang menawarkan nuansa modern ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap di dalam kamar. Seperti ; kulkas, tv kabel, sofa, dan safe deposit box. Jika Anda berminat untuk berjalan-jalan ke sekitar hotel, Anda bisa memanfaatkan penyewaan kuda tunggang untuk mengelilingi sekitar hotel, dengan 60 ribu rupiah untuk rute dekat, dan 90 ribu rupiah untuk rute lebih jauh. Setelah mendapat penginapan yang tepat, maka Anda dapat memulai petualangan Anda di Kota Bogor.

Curug Leuwi Hejo, merupakan salah satu destinasi wisata air yang patut Anda kunjungi. Lokasinya di  Kampung Wangun Cileungsi Desa Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang.

Namun, ada beberapa rute yang bisa Anda lewati untuk sampai ke sini, salah satunya bisa melewati Jungle Land.

Berjalanlah dan cari supermarket bertanda Giant. Lalu, ambil arah ke Polsek Babakan Madang. Anda tinggal lurus terus hingga pertigaan Gunung Pancar dan Pasar Babakan Madang. Dari pertigaan tersebut, belok kanan hingga bertemu pertigaan Gunung Pancar dan Karang Tengah. Lalu ambil jalur kiri ke arah Desa Karang Tengah, hingga Anda menemukan banner bertuliskan selamat datang di wisata Curug Leuwi Hejo.

curug-hejo-bogor
Sumber foto: tuanpembual.wordpress.com
Dari Curug Hejo, Anda bisa melanjutkan petualangan alam ke Curug Barong. Curug ini bisa ditempuh sekitar 20 menit dengan rute lumayan menanjak dari Curug Hejo. Tidak heran sedikit sekali pengunjung yang mau ke sini. Curug Barong mempunyai ketinggian 7 meter dan debit airnya deras, jika Anda tidak pandai berenang tidak disarankan untuk memaksakan diri untuk berenang di Curug ini. Namun, tidak ada salahnya jika Anda hanya sekadar untuk foto di sini dengan tetap menjaga keselamatan Anda.

jalan-menuju-curug-leuwi-hejo
Sumber foto: tuanpembual.wordpress.com

Selain itu, di kawasan Sentul masih ada curug Bidadari, lho. Nah di curug ini ada beberapa fasilitas seperti kolam utama yang cukup dangkal dan bisa Anda nikmati untuk bersantai. Dan jika ingin menguji adrenalin, Anda bisa mencoba ke kolam berombak. Jika anak atau kemenakan Anda ikut serta, mereka juga tetap bisa menikmati main air di kolam yang telah disediakan untuk anak-anak.

Setelah beberapa curug tadi, masih ada wisata alam yang membutuhkan stamina ekstra untuk sampai ke lokasinya. Untuk pendaki pemula, tempat ini sangat cocok untuk melatih Anda, namanya Gunung Munara yang terletak di Kampung Sawah, Rumpin, Bogor.

Gunung ini sebenarnya tidak terlalu tinggi hanya 1119 MDPL, tapi butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke puncaknya, karena jalan yang menanjak dan juga terjal, tak heran banyak pendaki yang kelelahan dan hanya sanggup sampai di puncak bayangan.

Belum lagi jika cuaca yang tidak mendukung, jalanan akan licin dan becek, pendaki harus sangat berhati-hati agar tidak tergelincir.

Selain itu pula, selama perjalanan menuju puncak Anda juga akan melewati gua yang dipercaya masyarakat luas, sebagai petilasan Bapak Ir.Soekarno. Goa yang berada persis dibawah akar pohon besar yang berusia ratusan tahun ini, masih ramai dikunjungi oleh peziarah.

Selama perjalanan Anda akan menemui beberapa warung kecil milik penduduk sekitar. Anda bisa memanjakan kaki Anda sejenak untuk beristirahat dan menghilangkan dahaga, tapi jangan terlalu lama menikmati syahdu semilir angin sambil beristirahat, karena perjalanan Anda belum usai.

Butuh waktu sekitar 1-1,5 jam untuk sampai puncaknya, dan hal itu ditandai dengan plang bertuliskan Gunung Munara 1119 MDPL dan bendera merah-putih yang berkibar tepat di sampingnya.

Jangan kaget jika Anda melihat ada beberapa tenda di atas puncak. Beberapa pendaki memang sengaja bermukim untuk melihat matahari terbit dari sini, dan tidak perlu khawatir jika Anda kehabisan bekal selama perjalanan menuju puncak. Karena ada juga beberapa pedagang yang membuka warung sederhana yang menjual berbagai minuman dan makanan kecil yang bisa mengganjal perut Anda.

Namun, tetap jaga kebersihan selama Anda berada di puncak degan tidak membuang sampah sembarangan, ya!

Ngomongin soal wisata alam, baik itu ke curug, ke gunung dsb, enaknya pergi rame-rame bersama teman ataupun komunitasmu. Banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan saat jalan bareng bersama kawan-kawan. Saat jalan bareng jelajah alam inilah rasa pertemanan kita diuji. Apakah kita cukup solider atau egois 😉 Jangan sampai seperti saya. Ikuti pengalaman saya saat tersesat  berikut ini:

Tersesat di Gunung Burangrang

Sambungan tersesat 

Ngomongin wisata alam, di Inggris ada wisata berbukitan yang menyimpan sumber mata air alami yang tak pernah kering berabad-abad lamanya. Kebutulan berbukitan ini dekat rumah kami dulu.

Ini dia, Mata Air Abadi di Inggris

6 thoughts on “Pesona Alam di Bogor yang Membuatmu Terpesona!

    1. ayo merapat.. merapat…
      fyi, klo lg musim hujan atau curah hujan tinggi, airnya kurang begitu bening, jd sebaiknya jg ingin dapatkan foto cantik berair bening usahakannya ke sananya gak lagi ujan 😀

komentar Anda