Fasilitas Umum Ramah Difabel di Inggris

Menjadi kaum difabel sering kali mengalami banyak kesulitan. Baik dalam berkegiatan harian maupun ketika mereka berinteraksi dengan dunia luar. Difabel adalah sebuah kondisi yang bukan pilihan, tapi takdir Tuhan. Maka dari itu, seharusnya menyandang difabel memeliki kesempatan yang sama layaknya orang normal. Janganlah memarjinalkan mereka. Bisa jadi ia hanya memiliki keterbatasan fisik, tapi tidak dengan kecerdasannya. Bisa jadi kemampuan mereka melebihi orang normal. Lihat saja Stephen Hawking, Nick Vujicic dan masih banyak lagi kaum difabel yang memiliki segudang prestasi.

Di negara-negara maju, Inggris contohnya, pemerintah dan dinas-dinas terkait  memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi warganya yang mengalami keterbatasan fisik ini. Beberapa upaya yang dilakukan pemerintah Inggris dalam memberikan kenyamanan kepada para penyandang difabel tersebut diantaranya ialah tempat parkir khusus. Oiya, tempat parkir khusus ini tidak hanya bagi mereka kaum difable tapi juga berlaku bagi oma-opa atau siapa saya yang berkursi roda.

Mengingat sulitnya gerak langkah mereka, maka, posisi tempat parkir khusus difabel harus paling dekat dengan pintu masuk gedung perkantoran, kampus, supermarket, toko dan tempat-tempat lainnya, bahkan di area tempat wisata sekalipun. Tempat parkir khusus ini ditandai dengan garis batas dan tanda yang jelas, berupa gambar orang berkursi roda.

Tak hanya tempat parkir khusus, toilet umum pun harus dirancang sedemikian rupa demi kenyamanan para penderita difabel. Baik di supermarket, mall, tempat wisata dan lain sebagainya.

Mengingat banyak gedung bertingkat baik di mall, supermarket, toko, kampus, perkantoran, tempat wisata dan lain sebagainya, maka keberadaan lift ataupun tangga khusus untuk difabel tentulah harus tersedia untuk memudahkan mereka.

Begitupun dengan trotoar. Di sini ramp (turunan/naikan) dari trotoar ke jalan ataupun sebaliknya, diperhatikan benar. Semuanya harus lancar. Tidak boleh ada yang menghalangi. Jika ada sembarang orang yang parkir dekat ramp tersebut, siap-siap kena tilang. Di Birmingham, kelalaian seperti ini bisa mengakibatkan £30 melayang, atau sekitar 630 ribu rupiah.

Mengenai transportasi umum, Inggris pun sangat ramah terhadap kaum difabel. Baik di Bis maupun kereta, ada posisi khusus untuk penyandang difabel. Naik turunnya pun dimudahkan. Pendek kata, semuanya sudah diperhitungkan.

Mau tahu seperti apa kemudahan-kemudahan sarana prasana lainnya bagi kaum difabel di Inggris, tonton aja tayangan di bawah ini:

N10, NAdes8. 12102015

Dan alhamdulillah liputan ini jadi sebagai Best video in the week. Congrats hun! 😀
Klo kepanjangan, skip aja hingga menit ke 1.27 😉

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

2 thoughts on “Fasilitas Umum Ramah Difabel di Inggris”

komentar Anda