Pesona Great Omre di Wales Utara, Inggris

Wisata Inggris tak hanya London, Manchester, Liverpool dan kota-kota lainnya di England. Karena Inggris memiliki banyak destinasi wisata yang patut dijajal. Tak hanya wisata belanja, wisata sejarah, museum dan kastil. Tapi juga wisata alamnya. Tak hanya England, karena masih ada Negara Bagian Inggris yang menyimpan banyak pesona alamnya.

Salah satunya di Wales, Negara Bagian Inggris, terdapat Great Omre yang memesona.   Omre dibaca Omr. Wisata alam ini masuk dalam kawasan wilayah Llandudno yang terletak di Semenanjung Wales Utara.

Letak geografis Great Omre merupakan nilai jual pariwisata sejak dulu kala. Banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan semenanjung Wales Utara itu dari ketinggian.

Pesona alam yang menawarkan keindahan itu membuat warga setempat membuat jalur pendakian pada tahun 1858 untuk mempermudah menuju puncak Great Omre. Seiring perkembangan teknologi dan minat wisatawan makin meningkat maka dibuatlah jalur Tramway (kereta kabel) pada tahun 1902.

Kini ratusan tahun telah berlalu. Namun pesona great Omre tidak pernah pudar, masih indah dan asri seperti dahulu kala, meski banyak diserbu wisatawan.

Sama seperti keindahan alamnya yang masih asri, keberadaan kereta kabelnya pun masih bisa kita gunakan sampai saat ini. Ya, kereta kabel usia seabad, atau lebih dari seratus tahun ini masih beroperasi sempurna. Bahkan badan keretanya pun masih bermaterialkan kayu layaknya kereta kabel seabad yang lalu. Tentu saja orisinalitas inilah yang menjadi daya tarik wisatawan.

Untuk menaiki kereta kabel ini penumpang dikenakan tarif £7 atau sekitar 125.000 rupiah dengan rute pulang-pergi. Di sepanjang perjanan kita bisa menikmati pesona Great Omre hingga diketinggian. Lapang rumput nan luas menghijau. Langit luas membiru serta gugusan elemen alam lainnya.

Tiba di puncak Great Omre kita bisa melihat lekuk semenanjung Wales. Tebing-tebing batuan kapur dan Laut Irlandia  tanpa bata. Sungguh indah memesona. suasananya menenangkan, udaranya segar. Membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati ketenangannya dan menghirup udara segarnya di puncak Great Omre ini.

Saking segarnya Great Omre diklaim sebagai salah satu kawasan dengan kualitas udara terbersih di UK. Tak heran memang, karena kawasan ini tidak dilalui kendaraan bermotor kecuali sebagian kendaraan wisatawan yang menuju puncak Great Omre dengan menggunakan mobil pribadi. Selebihnya menggunakan Tramway tadi, seperti halnya saya. Disamping itu kawasan yang amat sangat luas nan menghijau ini kaya akan pepohonan. Tentunya sebagai pencetak oksigen.

Di puncak Great Omre terdapat sarana pelengkap wisata seperti: hotel, cafe,  restoran dan playground alias arena bermain anak. Oiya, cara lain untuk menikmati Great Omre dari ketinggian adalah dengan menggunakan kereta gantung. Cuman, buat saya yang ngeri akan ketinggian, lebih aman dan nyaman dengan menaiki tram saja 😀

Mau tahu seperti apa penampakan GREAT OMRE? cekidot!
Tapi, mohon maaf jika mimin NETCJ n mas voice over salah tulis dan salah ucap. Bukan Great More ya… tapi Great Omre 😉

N10. N50Rosmel. 11032016.

Tempat ini cucok banget buat romantis-romantisan 😀

Great Omre Wales

Mau liat keindahan pesona Wales lainnya? Ini dia..

Pesona Caban Coch, si Air Terjun Buatan

Jangan lupa, intip juga destinasi Wales lainnya berupa desa buatan bergaya desa Italia di liputan saya berikut ini, cucok deh!

Inilah Salah Satu Desa Tercantik Di Inggris

Nah, kalau yang ini jembatan air usia 3 abad di wales yang masih kokoh dan masih beroperasi. Seperti apa keunikannya? merapat…

Jembatan Air Usia 3 Abad, Pontcysyllte Aqueduct

 

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

4 thoughts on “Pesona Great Omre di Wales Utara, Inggris”

    1. Kereta kabel aka tram itu digerakkan dengan kabel yang ditanam di jalan. Sistemnya yang atas narik yang bawah. Kurang lebih begitu Teknisnya. Nah, sedangkan body keretanya bermaterialkan kayu. Ngak ngeri, asik malah, kan di darat. Yg aku ngeri malah klo naek kereta gantung aka cable car. Takut macet pas lagi ditengah-tengah.

komentar Anda