Nikmati Ketenangan Hutan Lindung di Inggris

Telah tiga tahun kita memperingati hari hutan sedunia yang jatuh setiap tanggal 21 maret. Lahirnya hari hutan sedunia ini  berdasarkan resolusi PBB pada 28 november 2012 atas keprihatinan nasib hutan dunia yang makin terkikis habis oleh keserakan manusia dan penanganan yang tidak benar, di indonesia salah satunya.

Bukan rahasia lagi, bertahun lamanya hutan Indonesia dijarah orang-orang serakah. Sama sadisnya dengan pembakaran hutan itu. Yang tentunya hal tersebut merusak ekosistem dan melenyapkan keanekaragaman hayati di dalamnya.

Kondisi hutan yang sangat memprihatinkan di indonesia ini bertolak belakang dengan hutan yang ada di negara barat, Inggris contohnya.

Betapa pemerintah dan masyarakat Inggris begitu peduli hutan, ekosistem dan keanekaragaman hayati di dalamnya. Semua itu bisa Anda lihat di Knapp & Papermill Reserve di Kota Worcester.

Knapp & Papermill Reserve merupakan hutan lindung atau cagar alam yang berada di bawah Worcester Wildlife Trust. Cagar alam sekaligus destinasi wisata alam ini benar-benar terjaga keasriannya, pepohonan, belasan species burung dan kelelawar, kebersihan sungainya dan masih banyak lagi hayati lainnya yang ada di sini tak terjamah tangan-tangan jahil dan fandalisme.

Hutan lindung serupa ini banyak terdapat di kota-kota lainnya yang tersebar di Inggris. Untuk menikmati hutan lindung ini tak dipungut biaya alias gratis. Namun jika ingin memberikan donasi dipersilakan. Caranya dengan memasukan donasi tersebut di kotak donasi yang terdapat di turis informasi letaknya dekat  pintu masuk.

Uniknya kawasan ini tidak ada penjaganya begitupun turis informasinya. Meski ada barang-barang suvenir yang dijual di sini. Jika anda berminat membeli buku atau suvenir yang tersedia, masukan saja uang tersebut di kotak yang telah disediakan.

Di turis informasi inipun terdapat banyak brosur yang berkenaan dengan ekosistem dan keragaman hayati yang ada di hutan lindung ini. Anda bebas membaca, memilih dan mengambil brosur-brosur ini secara percuma.

Adapun pengunjung hutan lindung ini terdiri dari berbagai umur. Mulai dari anak-anak hingga oma-opa. Hutan lindung ini ramai di akhir pekan. Terutama lagi ketika cuaca hangat bersahabat.

Berwisata ke sini merupakan obat pelepas penat dari rutinitas kerja dan sekolah. Orang yang datang ke sini benar-benar menikmati keasrianya, kesegarannya, suasana, kesegarannya dan ketenangannya.

Ya, di sini tak ada polusi udara, tak ada polusi suara. Yang ada hanyalah suara alam. Kicau suara burung beraneka species, gemericik air, desir air, suara dan bau alam nan alami.

Di sini tak ada secuil sampah sedikitpun. Tak ada yang mengotori sungai, tak ada yang mencorat-coret atau merusak pohon, tak ada yang memelik bunga pula. Apalagi menginjak-nginjak bunga demi sebuah gaya berselfi 😀

Mau lihat bagaimana orang Inggris peduli pada hewan liar? Berikut ini Videonya..

Peduli Hewan Liar di Inggris

Pengunjung sadar atas makna menikmati alam, yaitu menjaga  ekosistem. Kalau di inggris bisa,  di  indonesia juga dong, ya? 😉

Mau intip seperti apa hutan lindung yang ada di Inggris? Ikuti jalan-jalan kami ke knapp and papermill nature reserve yang ada di Kota Worcester, yuk! Kebetulan videonya ini telah tayang minggu kemarin. Ini dia…

N10. NAdes30.23032016

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

5 thoughts on “Nikmati Ketenangan Hutan Lindung di Inggris”

  1. senangnya melihat gambar pemandangan itu…ada burung yang hinggap dan bermai di sungai …kayaknya adem sekali suasananya.. kangen dgn suasana seperti ini.. Mungkin dah bosen dengan suassana hiruk pikuk perkotaan ya Mba..

    1. Iya betul mak, sy malah suka bt klo masuk kota trus macet, hadeuuh..
      klo ke tempat-tempat kyk gini malah saya betah lama, adem ati rasanya, itu yg namanya suara burung terdengar jelas saling bersuara <3

komentar Anda