Inilah Museum Kereta Kerajaan Terbesar di Dunia

Perkeretaapian Inggris memiliki sejarah panjang yang dimulai sejak abad ke-19.

Kereta api merupakan alat transportasi yang sangat efektif dan efesien karena mampu mengangkut orang dan barang lebih banyak dari moda transportasi apapun pada masa itu.

Dengan adanya kereta api, laju perekonomian,  informasi dan perjalanan warga Inggris menjadi lebih mudah. Segala informasi mengenai perkeretaapian Inggris tersebut tersimpan di National Railway Museum yang berada di Kota York. Museum yang dibuka pada 1975 ini menyimpan banyak koleksi.

Selain berbagai jenis kereta yang mengangkut penumpang dari masa ke masa, dipamerkan pula banyak gerbong perniagaan. Seperti gerbong pengangkut barang, bahan makanan, sayur,  ikan dari satu kota ke kota lainnya.

Juga dipamerkan gerbong khusus paket dan pos. Di gerbong tersebut kita bisa melihat tayangan TV yang memaparkan cara kerja lalu lintas pos, surat, paket barang antar kota di seluruh Inggris.

Di sini dipamerkan gerbong-gerbong kereta di abad 19 dan 20 yang terbagi dalam tiga kelas. Dimana masing-masing kelas memiliki sofa dan toilet yang berbeda jenisnya. Konsep museum kereta ini dibuat sangat menarik. Interior dan eksteriornya dibuat sama persis seperti stasiun kereta api sungguhan seperti di masa lampau.

Satu yang menarik di sini dipamerkan banyak gerbong kereta milik kerajaan inggris. Gerbong-gerbong yang didesain khusus layaknya istana berjalan ini merupakan gerbong pribadi raja dan ratu inggris yang pernah bertahta.

Diantaranya gerbong kereta Ratu Victoria, gerbong kereta Raja Edward VII, gerbong kereta ibunda Ratu Elizabeth dan masih banyak lagi. Saking banyaknya koleksi gerbong kereta Kerajaan Inggris maka tak heran jika museum ini diberi gelar museum kereta kerajaan terbesar di dunia.

Istana berjalan ini terlihat sangat mewah. Yang dibagi dalam beberapa bagian. Diantaranya ruang tamu, ruang santai, ruang makan, ruang kerja, kamar tidur, toilet yang lengkap dengan bath tubenya. Dan tentunya perabotan begitu lux bin mewah.

Mau lihat salah satu penampakkan ruang kerja Raja/Ratu Inggris di gerbong keretanya yang ekslusif itu? Ini dia!

Gerbong kereta milik Raja Ratu Inggris

Hmm, terbayang betapa nyamannya berada dalam kereta ekslusif itu, ya?

Untuk memasuki museum ini tidak dipungut biaya alias gratis. Namun jika Anda ingin memberikan donasi tentu saja Management Museum lebih menyukainya.

Jadi, buat kamu yang nanti akan melancong ke Inggris, jangan lupa kunjungi museum ini.

Tayang di NET10. NRosmel31052016

Ngomongin soal kereta di Inggris, saya punya pengalaman menarik di sini.

Di Inggris,  kemahalan naik kereta? minta refund aja!

Masih tentang kereta api dan stasiunnya, artikel ini tak kalah  menarik. Karena stasiun kereta ini beken gegara si Harry Potter 😉

Magnet Harry Potter di Platform 9 3/4 London

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

3 thoughts on “Inilah Museum Kereta Kerajaan Terbesar di Dunia”

komentar Anda