Sudah Seperempat Abad Wanita Inggris Ini Menari Topeng I Orang Inggris Tari Topeng

Ratusan warga negara Indonesia dan warga Inggris terkesima oleh penampilan seorang penari topeng di sebuah acara beberapa waktu lalu. Dengan luwesnya ia menari penuh penghayatan, lincah dan enerjik, sesuai karakter tari topeng yang dibawakannya.

Kita tahu tari topeng adalah tarian tradisional Indonesia tapi siapa sangka orang yang berada di balik topeng tersebut ternyata seorang bule. Saya merasa terkecoh sekaligus bangga pada warga negara asing yang sangat mencintai seni tradisional Indonesia.

Orang yang berada di balik topeng tersebut bernama Gill Roberts. Seorang warga Inggris yang jatuh cinta pada tarian tradisional Indonesia khususnya tari Jawa (Tengah), khususnya lagi tari topeng, saat pertama kalinya ia berlibur ke Indonesia.

Gayung bersambut, setelah jatuh cinta pada tontonan pertama, beberapa tahun kemudian, di tahun 1990, Gill bertemu dengan Pak Haryono yang merupakan Dosen STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) Solo. Iapun kemudian belajar pada beliau.

Beruntungnya Gill karena beberapa tahun kemudian, ia berkesempatan untuk belajar tari di STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) langsung. Menimba ilmulah Gill di Kota Solo yang penuh kenangan itu. Sejak itulah ia makin cinta pada seni tari tradisional Indonesia, khususnya tari Jawa (Tengah), khususnya lagi tari topeng.

Sekembalinya ke tanah Inggris Gill kerap menari tradional Indonesia di berbagai kesempatan. Gill yang juga guru tari dan artis ini pun mengajar tari topeng di sekolah-sekolah. Sering juga menyelenggarakan workshop tentang tarian tradisional Indonesia.

Gill sering tampil di acara seni budaya baik di dalam negeri (Inggris) walaupun di luar negeri, seperti Amerika dan Siprus.

Sesekali Gill tampil di hadapan masyarakat Indonesia yang bermukim di Inggris, jika ia diundang dalam sebuah acara. Seperti di acara Bristol Indonesia Society Gathering beberapa waktu lalu.

Ditemui di belakang panggung, wanita yang ramah ini begitu asik untuk diajak ngobrol seputar kecintaannya kepada seni tari tradisional Indonesia. Ia hafal betul semua karakter dan penokohan dalam setiap tarian yang ia bawakan. Seperti tarian yang barusan ia bawakan tentang si tokoh topeng yang bernama Panji.. Duh Panji apa ya… 😀 Lupa saya. Parah banget ya! orang Indonesia macam apa saya ini. Jadi malu 🙁

Ketika saya tanyakan sampai kapan Gill akan menari? Wanita yang telah seperempat abad menari (tradisional Indonesia ) inipun menjawab:
“I will keep dancing as long as i can.”
Wow banget kan?

Kamu, iya kamu, yang mengaku orang Indonesia, bisa nari tarian Indonesia gak? 😉

Oiya, untuk kepentingan manggungnya, Gill memiliki 6 kostum tari yang dipesan dari kota Malang. Begitupun beberapa koleksi topeng serta asksesoris lainnya dipesan langsung dari kota Malang.

Mau lihat atraksi beliau saat manggung? bagaimana luwesnya Ibu Gill menari topeng? Orang Inggris Tari Topeng

 

Ini foto saya bersama Ibu Gill sesudah pentas, tanpa kostum tari topeng, kalau tanpa kostum, ibu Gill nampak seperti orang Inggris lainnya, tapi kalau sedang menari, sembunyi dalam kostum dan topengnya, siapa sangka kalau beliau ini orang Inggris.

Gill penari topeng dari Bristol Inggris

Saya masih punya artikel dan video tentang Warga Inggris yang keren-keren berikut ini loh!

Tari Topeng di London Keren BANGET!
Orang Inggris Belajar Tari Topeng
Pa John pegiat gamelan jawa

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

7 thoughts on “Sudah Seperempat Abad Wanita Inggris Ini Menari Topeng I Orang Inggris Tari Topeng”

  1. Iyak betul…. dulu aku waktu di JOgja banyak bule yang suangat tertarik dan antusias belajar musik gamelan… tapi di rumah warga itu alat musik gamelan itu tak diapaki malah buat semacam kaya apa yaaa….. pegangan atau barang kramat gitu…

    1. ogitu ya?
      cerita punya cerita, di acara yg saya hadiri tsb mengundang tamu kehormatan pejabat setempat, kata beliau di kantornya tiap hari ia menyempatkan diri mendengarkan musim gamelan barang sekitar 10-15 untuk relaksasi katanya, keren ya?

komentar Anda