WNI di Bristol Inggris Galang Dana Untuk Yayasan Kanker

Pada Sabtu 24 september 2016 terlihat keseruan Warga Negara Indonesia dan warga lokal Bristol dalam gelaran sebuah acara di   Brook Way Activity Centre Kota Bristol. Gelaran ini dalam rangka penggalangan dana untuk salah satu yayasan kanker terbesar di Inggris, MacMillan.

Acara ini digagas oleh cancer survivor Opy Sufinar, seorang warga Indonesia penderita ovarian cancer stage 3B selama 4 tahun terakhir ini. Adapun acaranya bertajuk coffee morning plus +. Kenapa dinamakan demikian?

Karena gelaran ini plus acara yang serba Indonesia. Jadi sebetulnya acara coffe morning MacMillan itu sendiri bukan perkara baru alias sudah banyak dilakukan oleh para sukarelawan lainnya namun dalam skala kecil. Biasanya hanya ngopi dan obrol-obrol pagi saja. Karena acara yang kami gelar ini heboh dengan rasa Indonesia, maka acara yang penuh kehangatan ini bertajuk coffe morning plus +.

Plusnya tersebut berupa penampilan aneka tarian dan nyanyian daerah Indonesia. Seperti tari bali, tari Aceh, lagu medley daerah dari Sabang sampai Merauke dll. Oiya, acara inipun dimeriahkan sumbangan tarian dari negara tetangga kita, Timor Leste.

Rasa Indonesia lainnya, dengan dijualnya aneka kuliner nusantara. Seperti nasi kuning, kue jajanan pasar, pisang ijo, kue lapis, es cendol dll. Harganya mulai  50p-£2 (antara Rp. 9.000 – Rp. 35.000)

Semua makanan yang dijual di sini merupakan donasi dari relawan/pengunjung dimana 100% hasil penjualannya untuk yayasan kanker MacMillan.

Yang tak kalah seru adalah brave shave yang dilakukan Pak Budi yang juga warga Indonesia. Itulah salah satu bentuk support bagi para penderita kanker di inggris. Bagi siapa yang ingin mengunduli rambut beliau, tentunya harus berdonasi terlebih dahulu. Dalam hitungan menit terkumpulah £130 (sekitar 2.5 juta rupiah).

kegiatan charity di inggris

Adapun total uang dari acara yang digelar 3 jam ini terkumpul lebih dari £1.300 (lebih dari 20 juta rupiah).

Bagi pengunjung cilik ada kegiatan sehingga mereka betah mengikuti kegiatan ini. Seperti face painting,mewarnai, mendekorasi cookies, yang lagi-lagi keuntungannya untuk yayasan MacMillan.

Ada pula lelang tas bermerk serta raffle ticket (kupon berhadiah) yang keuntungannya untuk yayasan ini pula. Sedangkan tas bermerk serta hadiah untuk raffle ticketnya itunya sendiri didapat dari para donatur.

Acara yang penuh kehangatan ini ditutup dengan tari poco-poco serta tari maumere dimana para pengunjung yang hadir ikut menari bersuka ria. Baik masyarakat Indonesia maupun warga lokal berbaur dalam keakraban.

Inilah sebuah cara kepeludian pada penderita kanker serta pengumpulan dana yang dikemas dalam bentuk hiburan serta tak lupa menyisipkan pengenalan budaya Indonesia kepada masyarakat Inggris.

Seru kan? Intip cuplikan kegiatan kami disindang bok! 😉

Tentang charity di Inggris lainnya, kamu  bisa intip postingan di sini.

Atau, artikel yang ini:

Charity Shop di Inggris

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

komentar Anda