Unik, Festival Orang-Orangan Sawah di Inggris

Ini adalah salah satu festival yang unik digelar di Inggris, namanya festival orang-orangan sawah atau Scarecrow Festival yang diselenggarakan di sebuah desa kecil bernama Belbroughton di West Midland Inggris.

Acara yang digelar pada Sabtu-Minggu, 24-25 September ini merupakan kegiatan tahunan, dimana pada tahun ini memasuki tahun ke-21. Dari tahun ke tahun kegiatan ini dinanti para wisatawan karena unik dan menarik.

scarecrowfestivalUK

Uniknya karena festival ini didukung oleh seluruh warga desa Belbroughton. Jadi setiap rumah yang ada di desa ini mendekor halaman rumahnya dengan orang-orangan sawah yang berbahan dasar jerami.

Belbroughton Scarecrow Festival 2016 kali ini mengangkat tema authors, books and characters. Maka jadilah halaman rumah penduduk Desa Belbroughton ini berhias orang-orangan sawah bertema penulis, buku dan tokoh cerita. seperti Tarzan, Peppa Pig, Superman, Little Red Riding Hood (gadis berjubah merah), Gulliver’s travel dll.

Penduduk desa ini begitu kreatif membuat orang-orangan sawah yang beraneka rupa semenarik mungkin. Tak hanya bentuk orang-orangannya saja yang diperhatikan tapi juga aksesoris dan perlengkapan pendukung lainnya hingga hal-hal terkecil. Seperti Gulliver’s dengan para liliputnya. Juga banyak diantara orang-orangan sawah itu diberi sound efect supaya lebih seru dan disukai pengunjung yang tak hanya anak-anak tapi juga segala usia.

Diperkirakan lebih dari 100 orang-orangan sawah yang berhasil dibuat oleh penduduk desa yang kompak ini.

Festival orang-orangan sawah inipun meriahkan aneka sajian makanan-minuman, pameran vespa antik, hiburan anak-anak, live music serta stand handcraft orang-orangan sawah dalam bentuk mini yang bisa dijadikan buah tangan. Harganya berkisar £1,5 sampai £3 (sekitar 25 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah) tergantung ukurannya.

Jadi di desa ini orang-orangan sawah bukan untuk menakut-nakuti burung pemakan tanaman (gandum) tapi untuk dinikmati para pengunjung yang hadir dari kota-kota di sekitarnya.

Meski cuaca kemarin itu berselang-seling antara panas dan gerimis yang datang silih berganti, nanti tidak mengurangi keseruan acara yang dimulai dari pagi hingga sore hari ini.

Mau intip keseruan acaranya? Ini dia video hasil jalan-jalan kami pada Minggu kemarin itu:

N10. NAdes.26092016

Inggris memang tak pernah kehabisan ide untuk mengadakan festival-festival yang ini. Satu diantaranya festival cabe yang berlangsung beberapa waktu yang lalu di Kota Birmingham yang tak jauh dari rumah kami. Seperti apa keseruan lomba makan cabe naga tersebut? klik aja link berikut ini!

Seru, Lomba Makan Cabe Naga di Inggris

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

4 thoughts on “Unik, Festival Orang-Orangan Sawah di Inggris”

komentar Anda