Keluarga Indonesia di Inggris (3), Anak Muda Indonesia Kerja di Inggris

Di postingan sebelumnya saya ceritakan awal mula kami keluarga Indonesia tinggal di Inggris. Membawa anak-anak yang masih kecil-kecil. Nah sekarang bocah-bocah tersebut telah tumbuh besar menjadi diaspora muda Indonesia. Ya, diaspora muda, karena ia generasi kedua setelah belasan tahun lalu bapaknya membawa anak-anak ini merantau di negeri Inggris.

Namanya Shiela, terlahir dari ibu bapak orang Indonesia tapi masa kecilnya, tumbuh besar sekolah hingga kuliah di Inggris. Kini kerja di Inggris pula. Setelah lulus kuliah tahun 2017, 4 pekerjaan pernah ia lakukan. Mulai dari berjualan burger, jadi chef di restoran sushi, jadi desainer landscape, sekarang jadi desainer sebuah perusahaan internasional di Inggris.

Menamatkan SD di sebuah SD Negeri di Bandung dekat rumahnya, SMP Negeri di Bandung, lalu kelas dua pindah ke Inggris, disana menamatkan SMP dan SMA yang menyatu dengan sebutan secondary school. Lalu melanjutkan college sebagai syarat masuk universitas. Yang semula rencana 2 tahun tapi kemudian nambah setahun. Sampai ditahap itu semua pendidikan tersebut gratis. Ya, semua itu sekolah di Inggris gratis.

Semua kisah diaspora muda indonesia di inggris tersebut dipaparkan shiela di channel youtube rosi meilani. Shiela membahas dunia kerja di Inggris. Bagaimana dulu ia memulai semuanya dari bawah. Keluar rumah saat usia 18 tahun. Hal ini lumrah dilakukan orang Inggris. Karena masuk universitas di luar kota. Semua keuangan mengatur sendiri tanpa bantuan orang tua. Sejak keluar rumah terbiasa mengatur keuangan sendiri sehingga terbiasa kerja, jadi tukang burger dengan gaji perjam £10 pun ia jalani.

Pengalaman kerja di Inggris di Inggris dipaparkan Shiela, betapa ia harus kerja keras jadi chef di sebuah restoran sushi dengan pola kerja shif. Tak jarang ia harus pulang malam karena shif terakhir hingga tutup restoran. Keluar kuliah tak lantas menemukan kerjaan sesuai bidang pendidikan yang ia jalani. Saat kesempatan itu ada, gaji yang ditawarkan tak sesuai harapan, di London pula, sebuah kota dengan biaya hidup yang tinggi. Maka ia menolaknya dan akhirnya bekerja sebagai desainer landscape di sebuah perusahaan yang tak besar. Tapi semua itu merupakan batu loncatan hingga akhirnya kini memiliki pekerjaan bagus di Kota Bristol. Kota impian yang sedari dulu ia dambakan bisa tinggal di kota ini.

Video selengkapnya sharing pengalaman kuliah dan pengalaman kerja di Inggris tersebut ada disini:

Untuk part keduanya bisa ditonton disini:

Kuliah di Inggris, Dunia kerja di Inggris, Biaya Hidup di Inggris

Yang belum subscribe dan follow sosmed saya silakan klik link dibawah ini: Instagram Rosi Meilani
Instagram Vlog Rosi Meilani
Facebook Rosi Meilani
Youtube Rosi Meilani

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

One thought on “Keluarga Indonesia di Inggris (3), Anak Muda Indonesia Kerja di Inggris”

komentar Anda