Unik, Menyeberang Pulau St Michael’s Mount Dengan Berjalan Kaki

Setiap tahun saya selalu mengagendakan kemping bersama keluarga. Biasanya kemping yang kami lakukan sekalian road trip menuju beberapa destinasi wisata yang asik dan menarik untuk dijajal.

Inggris adalah Inggris yang kadang cuacanya bikin surprise. Saat merencanakan road trip dan kemping, katanya weather forecast, cuaca okey. Ternyata, perhitungan prakiraan cuaca meleset. Diperburuk oleh keteterannya waktu dari satu destinasi ke destinasi berikutnya menyebabkan satu destinasi incaran yang kami andalkan gagal dieksplor secara maksimal.

Selain karena cuaca, angin kencang, gerimis serta datang kesorean, dengan sangat menyesal, St Michael’s Mount incaran kami meninggalkan utang. Kami pun berjanji untuk kembali. Selengkapnya bisa dibaca di postingan saya lainnya berikut ini. Ini aja!

 

Kemping di Cornwall

Untungnya Allah masih kasih umur, kasih sehat, kasih rejeki untuk kembali melalukan road trip ke Cornwall yang perjalanannya lumayan jauh, lebih dari 5 jam (plus istirahat). Tapi worth it lah! Karena Cornwall menawarkan destinasi yang bikin takjub. Masya Allah.

Jadi, di inggris ada sebuah pulau kecil yang terpisah dengan mainland UK, atau pulau utama inggris, tempat England, Scotland dan Wales berada. Pulau kecil di sebelah Barat Daya mainland ini bernama St Michael’s Mount.

Keberadaan pulau kecil ini unik. Karena kita bisa menjangkaunya hanya dengan berjalan kaki.

Mengapa bisa demikian? karena di waktu-waktu tertentu air laut yang menghubungkan pulau utama (mainland) dan pulau St Michael’s Mount mengalami surut. Tergantung musim, jika saat summer seperti ini biasanya air laut surut mulai pukul satu siang hingga pukul lima sore.

Nah, pada kesempatan itulah selat yang memisahkan kedua pulau ini tak berair sehingga dengan leluasa para wisatawan bisa melewatinya dengan berjalan kaki.

Bahkan ketika air laut surut, beberapa bisa mobil keluar masuk diantara dua pulau ini. Tapi mobil yang melintas ke sini hanya mobil pribadi penduduk pulau St Michael’s Mount, ambulance dan dinas pariwisata terkait. Tidak berlaku untuk mobil para wisatawan.

Untuk memudahkan pejalan kaki disediakan jalanan khusus yang bermaterialkan batuan yang panjangnya sekitar 300 meter. Dimana di kiri kanan jalanan bebatuan ini ditumbuhi banyak rumput laut menghijau.

Tiba di Pulau St Michael’s Mount saya dapati dermaganya kering. Sehingga perahu-perahu kecil yang biasa dipakai mengangkut wisatawan kala air laut tinggi itupun berserakan di dasar dermaga yang mengering.

Di dermaga yang mengering ini banyak wisatawan yang duduk-duduk menikmati suasana sambil menatap lepas pulau di seberang sana.

Ada pemandangan yang menarik di pulau ini. Dimana bangunan-bangunannya tampak tua dan klasik, berdinding material batu. Adapun fasilitas lainnya yang ada di pulau kecil ini ialah taman, cafe, toko suvenir, turis info, toilet, dll.

Saking kecilnya, pulau ini hanya dihuni oleh 30 orang saja dimana mata pencaharian penduduknya di bidang pariwisata. Diantaranya ialah para pemilik perahu sewaan, pemiliki toko suvenir, pemilik cafe, pengurus pulau dll.

Pemandangan indah lainnya, di atas bukit pulau kecil ini terdapat sebuah kastil. Karena ketinggian bukit dan kastil ini maka dari seberang, pulau utama (mainland) nampak jelas terlihat.

Keunikan dan keindah pulau kecil ini berhasil menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Untuk memasuki wisata pulau kecil ini tak dikenai biaya.

Jika ingin pulang ke mainland dengan berjalan kaki segeralah kembali sebelum air pasang. Karena bila tidak, kedua pulau inipun kembali terpisahkan laut.

Namun demikian, jangan khawatir, karena perahu sewaan siap mengantar anda menyeberangi pulau, dengan tiket seharga £2 atau sekitar rp. 35.000 rupiah saja.

Mau tahu seperti apa penampakannya pulau kece ini? silakan intip videonya berikut ini!

N5. NRosmel14072016

Mau liat keindahan wisata Cornwall lainnya? Ini dia!

Porthcurno Beach, Pantai Tersembunyi Nan Elok di Cornwall Inggris

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

komentar Anda