Resep Shepherd’s Pie

Dulu, dulu banget, ketika tiba di negeri ini, tahun 2007, saya diundang mantan Landlord suami aka ibu kostnya suami saya.

Jadi, sebelum saya dan anak-anak turut suami ke sini, suami saya setahun setengah ngebujang di sini n kost di rumah ibu kost yang orang Inggris asli.

Balik lagi ke undangan ibu kost tadi, bukan undangan sekadar undangan, tapi lebih ke diajak makan siang siang plus acara masak-memasak gitu. Katanya, dia mau kasih unjuk “beginilah masakan kami” yang kemudian dia ingin diundang balik oleh saya dengan menu Indonesia tentunya.

Nah, pada kesempatan itu, dia kasih unjuk bagaimana cara membuat Shepherd’s Pie.
Jadi, inilah menu orang Inggris yang pertama saya praktekan, waktu itu. Sesekali, kalo lagi bosan makan nasi, saya bikin makanan yang cukup praktis ini.

Mau lihat tutorial cara bikinnya? Gampang kok bikinnya.
Intip disindang ya mak!

Tutorial Shepherd’s Pie yang praktis dan sarat gizi

Shepherd's Pie Recipe

Mau mencoba resep lainnya?

Cara masak Pasta Udang yang super gampang!

Resep Beef Casserole

Dari sekian banyak masakan orang Inggris, masakan yang satu ini yang suka buat. Namanya Beef Casserole. Dengan satu alasan, karena bikinnya gampang. Biasalah, gwe gituloh. Orangnya praktis alias ogah ribet 😀

Itu yang namanya bumbu, sayuran, daging, cemplung-cemplung di wadah yang cukup gede n tahan panas. Jadi, metode masaknya slow cook gitu, trus prosesnya masaknya bisa diatas kompor bisa juga dimasukan kedalam oven.

Tutorial Beef Casserole

Selengkapnya, kamu bisa lihat cara memasak Beef Casserole di sini

 

 

Resep Pasta Udang

Lagi bosan makan nasi? Masak pasta aja!
Seperti kita ketahui, pasta banyak macamnya. Cara masaknya pun beragam. Bisa dibikin spaghetti (ini juga bisa pake saos bolognese, bisa pake saus keju dll), fettuccine, bisa juga dibikin maraconi schotel dll.

Cuman, resep-resep pasta yang di atas itu agak ribet bikinnya (buat saya). Secara, saya orangnya praktis (baca: malas bin ogah ribet), jadinya kalau masak pasta, tinggal dibikin pasta udang aja aka Prawn Pasta. Lagi pula, pasta model gini kesukaan anak bungsuku.

Gimana cara bikinnya? Kamu bisa intip di tutorialnya berikut ini:

Tutorial Pasta Udang anti ribet 😉

Prawn Pasta

Pasta udang ini cocok disegala waktu dan kesempatan. Dipake makan siang okey, buat makan malam siap, dipake bekal ke kantor ataupun sekolah juga asik.
Yuk, cobain deh!

Mau intip tutorial masakan praktis lainnya? ini dia!

Resep Praktis Nasi Briyani

Resep Bread and Butter Puding

Saya tuh pantang buang makanan (sebisa mungkin, itu juga).
Bukannya apa, disaat kita membuang makanan, banyak orang gak bisa makan seenak yang kita dapat.
Jadi saya suka bawel kalau bocah ngak ngabisin makanan.
Termasuk urusan isi kulkas.
Walopun udah secermat mungkin ngatur soal bahan makanan, tapi ya teuteup aja kadang ada makanan yang nyaris tiba kadaluarsa belum dibasmi juga, hadeuh…

Video tutorialnya bisa lihat disini:

Nah, untuk menyiasatinya, saya suka mendaur ulang bahan makanan 😀
Misalnya nih, kalau ada roti tawar yang nyaris sampai tanggal kadaluarsa, jangan dibuang!
Kamu bisa mengolahnya menjadi makanan yang enyak.. enyak.. enyak..
Gak percaya?
Intip deh tutorial makanan yang cocok disantap pagi atau sore hari bertemannya teh panas.. ehmmm… mantap…. klik linknya berikut ini: Tutorial Bread and Butter Puding

Bahan:

8 lembar roti tawar.
Coklat spread/selai coklat.
Butter.
350 ml susu segar.
50 ml cream (bisa diganti susu segar).
50 gram gula putih.
2 butir telur.
50 gram kismis (bisa diganti buah kering lainnya).
25 gram coklat chip coklat meses.
Sedikit biji pala dan kayu manis untuk taburan atasnya.

Cara membuat:
Olesi semua roti satu sisi dengan butter, satu sisi dengan selai coklat, tangkupkan keduanya,
Potong roti jadi dua bagian.
Pinggan tahan panas dioesi butter.
Susun roti, taburi kismis.
Sementara itu, campur susu, cream, gula dan telur, aduk rata lalu tuangkan ke dalam pinggan yang berisi roti tadi.
Tekan-tekan roti agar susunya meresap rata.
Terakhir, parut biji pala dan kayu manis secara merata.
Bakar dengar suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit hingga kuning kecoklatan.
Setelah kuning kecoklatan, keluarkan dari oven, siap dihidangkan.

Cukup untuk 6 orang.