Jaga Ekosistem Bentuk Peduli Hewan di Inggris

Tidak hanya manusia yang memiliki hak asasi, Satwa pun demikian. Sebagai manusia beriman, berilmu, beradab serta punya rasa kasih, sudah selayaknya kita menjaga ekosistem. Dalam hal ini adalah menjaganya alam, lingkungan, serta satwa yang hidup di habitat tersebut.

Banyak hal yang bisa dilakukan demi memberikan rasa aman dan nyaman kepada satwa ciptaan Tuhan. Seperti yang dilakukan oleh pemerintah inggris dan didukung oleh warganya terhadap unggas-unggas yang hidup bebas di taman kota, pinggiran sungai,  area kanal dan tempat-tempat umum lainnya.

Salah satu upaya pemerintah inggris dalam menciptakan hak asasi hewan, terutama unggas, diantaranya dengan menjaga ekosistemnya. Menjaga agar sungai, kanal, pantai dll, selalu bersih dari sampah, bahan kimia, serta hal lainnya yang mengusik keberlangsungan satwa.

Secara alami dan secara rantai makanan, Tuhan telah sediakan makanan untuk semua makluknya, termasuk unggas yang akan kita bahas. Tuhan sediakan ikan-ikan di sungai untuk makluk ini. Maka dari itu, pemerintah Inggris menerapkan yang aturan-aturan demi terjaganya keberlangsungan ekosistem. Dari sekian banyak aturan tersebut satu diantaranya ialah pelarangan memancing ikan di beberapa titik aliran Sungai Severn yang melintas di kota Worcester, tempat tinggal kami. Karena sedianya ikan-ikan tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Hampir di setiap kota/desa yang dialiri sungai, kanal, ataupun pantai/laut, tempat wisata, serta taman kota di inggris, banyak terdapat unggas (angsa, bebek, merpati, camar dan aneka jenis burung lainnnya) kami terbiasa memiliki adab yang santun kepada mereka. Kami tidak pernah mengusik keberadaan mereka, apalagi menangkapnya. Kami biarkan mereka hidup bebas. Bahkan biasanya kami membawa makanan untuk unggas-unggas tersebut dari rumah. Entah itu roti ataupun biskuit yang disukai oleh unggas-unggas tersebut.

Kehadiran unggas yang sehat dan atraktif mampu menjadi obat pelepas penat dan objek rileksasi. Tak heran, banyak warga yang sengaja datang ke tempat-tempat tersebut diatas hanya untuk melihat dan memberi makan unggas-unggas nan elok. Entah itu saat makan siang, pulang kerja ataupun di akhir pekan bersama keluarga.

Kiranya itulah timbal balik yang bersinergi dan saling menguntungkan antara manusia dan hewan. Kita menjaga ekosistem dan keberlangsungan mereka. Mereka memberikan rasa tenang di hati.

N10, NAdes10-15102015

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

3 thoughts on “Jaga Ekosistem Bentuk Peduli Hewan di Inggris”

komentar Anda