Mau Angkat 13Kg Emas? Ke Museum ini Aja!

Bertempat di Bartholomew Lane Kota London, terdapat Bank of England yang berdiri sejak tahun 1694. Di salah satu bagian Bank of England ini terdapat sebuah Museum bernama Bank of England Museum.

Museum terbuka bagi umum dan tidak dikenakan biaya masuk. Buka setiap hari kerja mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore.

Berwisata ke Museum Bank of England ini kita akan dibuat takjub dengan keindahan bangunannya yang kokoh dan klasik berusia 4 abad. Adapun interior dan tampilan dalam museum dibuat modern. Serta seting ruangannya dibuat menarik agar tidak menjemukan bagi pengunjung.

Salah satunya dengan disediakannya beberapa  komputer layar sentuh yang bisa diakses oleh pengunjung. Dari sini pengunjung bisa mendapatkan segala informasi mengenai perbankan Inggris sejak dulu kala hingga kini.

Selain dibuat takjub pada bangunannya yang klasik dan kecanggihan fasilitasnya, pengunjung pun akan disuguhkan sejarah, tokoh-tokoh yang berjasa dalam perbankan Inggris, artefak, peralatan memproduksi uang, koin-koin kuno, koin emas berusia 4 abad serta setumpuk  emas batangan dll.

Emas batangan yang merupakan emas murni ini dicetak dalam ukuran standar 13kg dan dinamakan London Good Delivery (LGD) bar. Untuk diketahui, LGD bar ini merupakan benda berharga yang diperjualabelikan di London Bullion Market. Menariknya, dari sekian banyak LGD yang tersimpan di Bank of England satu diantaranya boleh disentuh/diangkat oleh pengunjung museum.

Tak pelak, para pengunjung  mencoba kesempatan langka ini. Namun tak semua pengunjung bisa mengangkatnya (terutama anak-anak) karena logam mulia yang padat berkilau tersebut beratnya 13 kg.

Demi keamanan, emas batangan tersebut disimpan dalam display ( kotak kaca tebal) yang hanya bisa dimasuki sebuah lengan, serta dilengkapi 4 buah CCTV. Yang lebih menariknya lagi, tepat di bawah display emas LGD bar tersebut terdapat ruang bawah tanah yang menyimpam 400.000 batang emas LGD bar.

Namun ke 400.000 batang emas tersebut bukan milik Bank of England seluruhnya, melainkan aset Inggris, milik Bank Central negara-negara lain di dunia serta milik Institusi Keuangan lainnya.

Jadi, jika anda ingin merasakan menyentuh dan mengangkat emas murni seberat 13kg datang saja ke Museum Bank of England ini.

Penasaran seperti apa tempatnya? klik aja YouTubenya!

Mau tau kira-kira habis berapa keliling London? Baca aja pengalaman jalan-jalan saya berikut ini:

Keliling London £11

Oiya, saya pernah merasa kemahalan bayar tube aka underground alias kereta bawah tanah loh. Lalu, apa yang saya lakukan? Tentu saja claim, dan saya pun dapat uang ganti. Selengkapnya silakan baca artikelnya berikut ini:

Di Inggris, Kemahalan Naik Kereta? Minta Refund Aja!

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

2 thoughts on “Mau Angkat 13Kg Emas? Ke Museum ini Aja!”

komentar Anda