KEREN, ANAK INGGRIS JAGO MAIN GAMELAN

Seperti kita ketahui, gamelan adalah alat musik tradisional Indonesia. Tapi tahukah kamu, bahwa saat ini gamelan sudah go internasional. Ya, gamelan mendunia. Di Eropa gamelan bukan barang asing lagi. Khususnya di Inggris, tempat saya bermukim kini. Gamelan diminati orang Inggris. 

Orang Inggris banyak yang bisa memainkan alat musik gamelan. Entah itu gamelan Bali, gamelan Jawa maupun gamelan Sunda. Semua gamelan itu sering dimainkan di Inggris. Di beberapa kesempatan. Baik saat diplomasi budaya Indonesia – Inggris. Maupun acara kumpul-kumpul orang indonesia di Inggris. Uniknya, kebanyakan pertunjukan gamelan di Inggris tersebut ditampilkan oleh orang lokal, alias orang Inggris. Iya, orang Inggris main gamelan, dan kita sebagai penontonnya.

Tak hanya gamelan, alat musik tradisional Indonesia lainnya sering pula dimainkan orang Inggris. Seperti misalnya kacapi, suling (alat musik tradisional Jawa Barat. Tarawangsa (alat musik tradisional Jawa Barat). Ataupun Sasando (alat musik tradisional Nusa Tenggara).

Orang inggris bermain kacapi suling di London

Orang Inggris Main Tarawangsa di London

Keren Banget! Orang asing bermain sasando di Inggris

Berbeda dengan video-video diatas yang mana para warga asing pegiat seni tradisional Indonesia yang ingin saya bahas kali ini adalah bocah cilik. Namanya owen, orang Nottingham, Inggris, ia masih SD tapi udah jago main gamelan.

Saya jumpai Owen dalam sebuah kesempatan pentas seni budaya Indonesia di Kota Nottingham, jauh sebelum ada pandemi corona. Nah Owen ini bisa memainkan gamelan Bali dan gamelan Jawa. 

Owen berguru pada Ibu Nikki Kemp, guru gamelan orang Inggris yang tinggal di Nottingham. Beliau pernah belajar gamelan di Solo, melalui program beasiswa Darma siswa, dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. 

Sekembalinya ke Inggris, Ibu Nikki tergabung dalam beberapa kelompok gamelan di Inggris dan sering mentas pula. Nah, ibu Nikki ini memiliki sanggar gamelan di Kota Nottingham yang terkenal dengan tokoh ksatria Inggris, Robin Hood.

Di banyak kesempatan Ibu Nikki dah rombongan sering didampuk untuk pentas di berbagai acara. Salah satunya adalah acara yang saya hadiri ini, Indofest. 

Owen adalah salah satu pemain gamelan grupnya Ibu Nicky. Masih banyak anak-anak seusia Owen yang belajar gamelan di Inggris ini. Adapun anak-anak yang belajar gamelan di sanggarnya gamelannya Ibu Nikki mulai usia 7 tahun hingga oma opa. Jadi yang belajar disini tak terbatas usia. Baik anak kecil, remaja juga orang tua.

Ketika saya tanya, kenapa Owen suka belajar gamelan, dia bilang, senang aja dengar  suara bonang/saron ketika dibunyikan.

Buat kamu yang kepo seperti apa owen bermain gamelan? Ini dia vidoenya:

Next saya akan posting lagi tentang para pegiat seni tradisi indonesia dari tanah Inggris. Ada orang inggris yang jago ngomong sunda, ada orang inggris yang jago ngomong jawa, ada profesor inggris yang jago silat, dan masih banyak lagi. 

Owen hanya salah satu anak Inggris yang jago bermain gamelan. Masih banyak anak-anak Inggris lainnya yang pintar berlain gamelan. Entah mereka anak-anak yang belajar gamelan di sanggar gamelan di Inggris, maupun di sekolah-sekolah. Karena beberapa sekolah di Inggris ada yang mengajarkan gamelan sebagai bagian dari pelajarannya. Ya, gamelan diajarkan di sekolahan Inggris. 

Next time saya bakal posting lagi tentang anak-anak Inggris yang belajar gamelan, yang mana mereka ikut pentas juga bermain gamelan.

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

komentar Anda