Mesin Penukar Uang Receh di Inggris

Seperti halnya di Indonesia di Inggris pun pelabelan harga makanan/barang biasanya dibuat tanggung. Misalnya, 99p. Kenapa ngak £1 saja sih. Biar pas begitu. Efek dari harga nanggung tersebut, konsumen sering kali mengantongi uang receh mulai dari pecahan 1p, 2p, 5p, 10p. Sampai batas receh tersebut, rasanya menganggu sekali. Bawanya berat, nilainya tak seberapa. Lain hal kalau 20p ke atas.

Jika diambil mudahnya, 1 pounsterling sama dengan Rp. 20.000,- maka pecahan penny terkecil 1p = Rp. 200,- 2p = Rp. 400,- 5p = Rp. 1.000,- 10 = Rp. 20.000.- Uang pecahan tersebut tidaklah seberapa nilainya. Saya ambil contoh, sebungkus permen jelly campur-campur dibandrol 99p. Jika ingin mengunakan uang receh pecahan di 10p ke bawah repot banget kan ngitungnya? Apalagi kalau barang belanjaannya banyak.

Setiap saya menerima uang kembalian berupa receh-receh tersebut saya kumpulkan ke dalam sebuah toples. Biarpun hanya 1p-2p, itu uang loh, masa mau dibuang atau digeletakin begitu aja. Tidak hanya saya, semua anggota keluarga pun begitu. Jika dompetnya mulai berat oleh uang penny, mereka memasukkannya ke dalam toples tersebut.

Seperti kata pepatah jadul namun syarat makna “sehari selembat benang, lama-lama jadi kain,” toples berisi kepingan-kepingan uang yang nyaris tak bernilai itupun bisa jadi beberapa pounsterling.

Jika sudah lumayan banyak, saya membawanya ke mesin penukar uang koin yang ada di supermarket yang dekat dari tempat tinggal kami. Caranya, masukan saja kesemua koin tersebut ke dalamnya. Si mesin akan menghitung kemudian. 1p-2p ada berapa ratus keping, 5p-10p ada berapa puluh keping dan seterusnya. Setelah ditotal, mesin mengeluarkan selembar kertas berisi rincian uang yang kita masukkan tadi dan jumlah totalnya.

Setelah itu, struk tersebut bisa digunakan sebagai alat pembayaran dari transaksi pembelian kita di supermarket dimana mesin penukar koin receh tersebut berada. Tentunya, sejumlah yang tertera di kertas tersebut. Jika total belanjaan kita £20 dan struk penukaran uang receh kita £10 misalnya, maka kita tinggal menambahnya £10 saja. Lumayan, kan?

Jadi, jangan anggap remeh uang penny sekecil apapun, jika dikumpulkan, lumayan juga kan?

N-21, 31082015

Published by

Rosi

Rosi Meilani content creator Channel Youtube Rosi Meilani | Citizen Journalist | Guide Jalan-Jalan London & Inggris | Vloger | Blogger | Tinggal di Inggris sejak 2007.

3 thoughts on “Mesin Penukar Uang Receh di Inggris”

komentar Anda